Keluarga

5 Tips Mudah Bakar Kalori Tanpa Perlu Olahraga, Bisa Cepat Kurus!

5 Tips Mudah Bakar Kalori Tanpa Perlu Olahraga, Bisa Cepat Kurus!

MOMSMONEY.ID - Malas berolahraga tapi ingin cepat kurus? Ternyata hal ini tidak hanya omongan semata. Membakar kalori bisa benar-benar dilakukan tanpa harus susah payah melakukan workout.

Anda yang malas atau bahkan tak punya waktu untuk berolahraga bisa tetap kurus dengan melakukan beberapa kegiatan yang sederhana dan mudah dilakukan.

Apa saja tips-tipsnya? Merangkum dari laman Healthyfy Me dan Better Humans, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Waktu Haid Tidak Teratur? Konsumsi 5 Makanan yang Dapat Memperlancar Haid

Ubah pola makan

Mengubah kebiasaan makan adalah cara termudah untuk mengurangi asupan kalori tanpa susah payah berolahraga.

Anda bisa memulainya dengan mengurangi berbagai kebiasaan makan yang buruk yang dapat menambah kalori dan lemak. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  • Mengganti produk tepung dengan alternatif gandum
  • Hindari makan nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah
  • Hindari makan makanan manis yang mengandung gula dan menggantinya dengan madu atau stevia
  • Hindari makanan yang digoreng dan junk food

Diet gula

Penelitian yang dikutip dari Healthyfy Me mengungkapkan jika makan dalam porsi sedikit setiap 2 jam sekali merupakan cara terbaik mengurangi jumlah kalori. Ini lebih baik dibandingkan harus makan camilan yang tinggi kalori.

Baca Juga: Cepat Mengantuk Setelah Makan? Tenyata Ini Penyebabnya

Berpuasa

Puasa juga cukup efektif mengurangi jumlah kalori tanpa perlu berolahraga. Puasa membantu tubuh menggunakan kelebihan lemak untuk fungsi metabolisme.

Ketika sedang berbuka puasa, Anda bisa mencukupi kebutuhan tubuh dengan minum air yang cukup serta makan makanan bergizi tinggi agar tubuh tak kekurangan gizi apapun.

Aktif di rumah

Jika Anda hanya berada di rumah dan tak kemana-mana, Anda tetap bisa mengurangi kalori dengan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tanpa perlu berolahraga.

Ide kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk membakar jumlah kalori dalam tubuh adalah dengan memasak, membersihkan area rumah mulai dari menyapu hingga mengepel, mencuci mobil, serta bisa juga mendekorasi ulang ruangan.

Baca Juga: 4 Minuman Popular Khas Thailand yang Wajib Dicoba

Aktif di luar

Berbelanja di Pasar atau Swalayan

Jika bosan di rumah terus, Anda juga tetap bisa membakar kalori dengan melakukan berbagai aktivitas di luar rumah.

Anda bisa pergi ke mall untuk sekadar melihat-lihat barang tanpa perlu membelinya (window shopping). Bisa juga berjalan kaki santai di sekitar area perumahan ataupun naik turun tangga saat sedang di kantor.

Baca Juga: Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

Bermain bersama peliharaan

Memelihara kucing/anjing bisa jadi hal yang menyenangkan bagi Anda. selain bisa meminimalisir stress, bermain bersama hewan peliharaan bisa membakar kalori juga, loh!

Pada dasarnya hewan peliharaan sangat mudah bosan sehingga perlu untuk berjalan-jalan agar ia tidak stress. Anda bisa mengajaknya berlari di pagi/sore hari sehingga Anda mendapat manfaat sekaligus berupa kalori tubuh yang terbakar serta hewan peliharaan yang merasa bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News