HOME, Keluarga

Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda pecinta kopi, ternyata ada caranya bikin kopi yang lezat seperti buatan Kafe, loh!

Kopi yang dijual di kafe-kafe biasanya merupakan kopi olahan sendiri, dan bukan merupakan kopi bubuk instan yang dijual di swalayan. Sebab, rasa yang dihasilkan akan sangat berbeda, loh!

Baca Juga: Promo Dunkin Donuts 19-23 Januari 2022, Beli 12 Donat Rp 100.000 via Ojek Online

Nah, bagi Anda yang suka kopi, rasanya wajib untuk memiliki alat penyeduh kopi dimulai dari gilingan, hingga wadah khusus menyimpan biji kopi.

Nyatanya, biji kopi yang diolah sendiri dapat menghasilkan rasa kopi yang lezat seperti buatan kafe, loh!

Mau tahu cara bikin kopi yang seenak buatan Kafe? Melansir dari Primarasa, simak yang berikut ini!

Baca Juga: Mengenal 4 Level Roasting Kopi yang Mempengaruhi Rasa dan Warna Biji Kopi

Pilih biji kopi berkualitas

Biji Kopi

Kopi yang lezat seperti buatan kafe dapat dihasilkan dari biji kopi yang berkualitas. Sebab, biji kopi yang tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah memiliki rasa yang jelas berbeda.

Menurut Josey Markiewicz yang dilansir dari Primarasa, biji kopi yang tumbuh di dataran tinggi memiliki rasa kopi yang lebih asam dan seperti mengandung buah. Sementara kopi yang tumbuh di dataran rendah memiliki rasa nutty atau lebih mirip kacang-kacangan.

Baca Juga: Promo Burger King 20-31 Januari 2022, Ada Diskon Kupon Tanggal Tua Mulai Rp 4.500-an

Memiliki alat penggiling sendiri

Biji kopi yang telah digiling oleh orang lain dengan biji kopi yang digiling oleh kita sendiri bisa saja memiliki rasa yang berbeda.

Agar kopi yang dihasilkan selezat buatan kafe, sebaiknya Anda memiliki alat penggiling biji kopi sendiri untuk memastikan rasa dan kualitas kopi dapat bertahan.

Alat Penggiling Kopi

Kelezatan kopi bergantung pada minyak yang keluar dalam biji kopi. Minyak ini bisa keluar akibat proses pemanggangan biji kopi.

Anda dianjurkan untuk menggiling biji kopi sesaat sebelum menyeduhnya. Jangan pernah menggiling biji kopi hanya untuk didiamkan. Ini karena rasa dan keharuman bubuk kopi yang dihasilkan akan berbeda.

Maka dari itu, rasa kopi akan lebih lezat dan terasa seperti rasa kopi dari kafe apabila kita menggiling dan memproses kopi itu sendiri, dibandingkan membeli bubuk kopi dari para penjual.

Baca Juga: Promo Dunkin Donuts 19-23 Januari 2022, Beli 12 Donat Rp 100.000 via Ojek Online

Simpan dalam wadah

Nyatanya, penyimpanan biji kopi dan bubuk kopi juga berpengaruh terhadap tingkat kelezatan kopi yang dihasilkan, loh!

Agar rasa kopi seenak buatan kafe, sebaiknya simpanlah biji kopi dan bubuk kopi di dalam wadah kedap udara. Simpanlah dalam suhu kamar dan pastikan untuk terhindar dari sinar matahari langsung untuk menjaga kualitas kopi.

Baca Juga: Ide Resep Kudapan Stroberi yang Manis dan Menyegarkan, Cobain Yuk!

Suhu air yang diatur

Untuk menghasilkan rasa kopi yang seenak buatan kafe, pastikan juga bahwa Anda memperhatikan suhu air saat menyeduh kopi.

Suhu air nyatanya dapat mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan!

Seduhlah kopi dengan air pada suhu bertemperatur 95-97 derajat celcius. Suhu tersebut mendekati titik didih air, sehingga aroma kopi yang dihasilkan lebih menguar dan menggoda indera penciuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News