Keluarga

Waktu Haid Tidak Teratur? Konsumsi 5 Makanan yang Dapat Memperlancar Haid

Waktu Haid Tidak Teratur? Konsumsi 5 Makanan yang Dapat Memperlancar Haid

MOMSMONEY.ID - Siklus haid yang tak teratur membuat para wanita menjadi cemas. Pasalnya, siklus haid yang tak teratur dapat mengindikasikan adanya penyakit yang harus segera ditangani secara medis.

Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba beberapa cara untuk memperlancar aliran darah dan siklus haid salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Beberapa makanan sehat berikut ini merupakan sumber alami hormon estrogen sehingga dapat membantu memproduksi hormon tersebut dalam tubuh jika dikonsumsi rutin.

Apa saja bahan makanan tersebut? Merangkum dari Times of India dan Healthify Me, berikut ini!

Baca Juga: Cepat Mengantuk Setelah Makan? Tenyata Ini Penyebabnya

Kunyit

Teh kunyit

Kunyit merupakan sumber alami hormon estrogen yang merupakan hormon penting pengatur siklus haid. Kunyit juga dapat memperlancar aliran darah di rahim dan daerah panggul.

Sifat antipasmodik dan antioksidan kunyit mampu hilangkan rasa sakit serta meringankan perubahan mood secara cepat. Dianjurkan untuk mengonsumsi susu kunyit rebus atau kunyit latte rutin setiap hari agar haid jadi lancar.

Kayu manis

Kayu manis tak hanya terkenal sebagai bahan antioksidan dan anti-inflamasi saja, tapi juga sebagai bahan makanan yang dapat melancarkan aliran darah pada area pinggul dan meningkatkan level produksi hormon estrogen.

Mengonsumsi kayu manis secara rutin juga dapat membantu menghilangkan kram perut ketika haid sedang berlangsung. Agar bisa mendapat manfaat besar, konsumsilah kayu manis dengan segelas susu secara rutin.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Energi Secara Cepat saat Sedang Kelelahan Akut

Jahe

Teh jahe

Kandungan magnesium dan vitamin C dalam jahe dapat memperlancar siklus serta aliran darah saat haid.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan gula merah ke dalam teh jahe karena mengonsumsi minuman ini dapat membantu dalam produksi alami hormon estrogen dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Para Pemilik Perut Buncit

Pepaya

Pepaya merupakan salah satu makanan terbaik dalam hal memperlancar siklus haid. Pepaya mengandung beta karoten yang tinggi yang secara khusus dapat menstimulasi produksi hormon estrogen dalam tubuh.

Kebiasaan mengonsumsi buah pepaya secara teratur membantu rahim menjalankan fungsinya dengan baik sehingga dapat melancarkan aliran darah dan mencegah rasa nyeri saat haid.

Namun hindari mengonsumsi pepaya selama masa kehamilan.

Baca Juga: Mengapa Nanas Harus di Rendam dalam Air Garam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Cuka apel & madu

Perlancar siklus haidmu dengan rutin mengonsumsi cuka apel dan madu. Cuka apel membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh serta mengurangi gejala PCOS yang merupakan salah satu alasan utama penyebab haid tak teratur.

Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan madu untuk mengurangi rasa pahit agar cuka apel bisa dikonsumsi secara rutin dan memanfaatkan hasil maksimal dari keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News