Keluarga

5 Jenis Jamur Asal Jepang yang Biasa Diolah dalam Aneka Masakan Jepang

5 Jenis Jamur Asal Jepang yang Biasa Diolah dalam Aneka Masakan Jepang

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ada banyak jenis jamur asal Jepang yang aman dan baik dikonsumsi untuk tubuh?

Jamur-jamur ini cukup asing di telinga orang Indonesia karena memang pasar jarang menyediakan jenis-jenis jamur asal Jepang lainnya selain enoki dan shiitake.

Namun tenang saja, kali ini telah hadir aneka jenis jamur asal Jepang yang lezat, kaya akan gizi, dan bisa dijadikan berbagai olahan masakan. Melansir dari Lacademie, selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Jamur Kikurage

Jenis Jamur Asal Jepang Kikurage

Jenis jamur asal Jepang yang bisa diolah jadi masakan lezat adalah jamur Kikurage. Jamur yang disebut juga sebagai jamur wood ear ini sangat umum dijadikan masakan, terutama di wilayah Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China.

Dalam bahasa Jepang “Kikurage” memiliki arti “ubur-ubur pohon” karena bentuknya yang mirip ubur-ubur dengan warna kecoklatan yang seperti pohon. Teksturnya cukup kenyal dan cocok dimasak jadi olahan sup.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Tak Ada di Negara Lain

Jamur Nameko

Jenis Jamur Asal Jepang Nameko

Jamur nameko merupakan jenis jamur asal Jepang yang secara tampilan sangat menarik karena memiliki warna kuning yang mencolok. Di beberapa daerah, jamur Nameko disebut juga jamur Butterscotch.

Jamur yang satu ini berlendir seperti dilapisi gelatin. Namun jangan khawatir, lendir ini aman dikonsumsi & dapat dijadikan sebagai pengental alami pada makanan, loh.

Baca Juga: 7 Aneka Wedang Nusantara yang Bikin Tubuh Jadi Hangat

Jamur Matsutake

Jenis Jamur Asal Jepang Matsutake

Jamur Matsutake atau yang disebut juga sebagai Trufflenya Jepang adalah salah satu jenis jamur yang kini mulai cukup sulit didapatkan. Jenis jamur asal Jepang ini tidak dapat dibudidayakan dan hanya bisa tumbuh secara alami pada musim gugur saja, sehingga harganya jadi sangat mahal.

Jamur matsutake terkenal akan kadar tembaganya yang baik untuk pembuatan trombosit di dalam tubuh. Jamur ini juga mengandung vitamin D & berbagai mineral lainnya yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Jamur Iwatake

Jenis Jamur Asal Jepang Iwatake

Iwatake, jamur asal Jepang yang satu ini sangat suka tumbuh di atas batu dengan warna gelap. Yang membuat jamur ini unik adalah warnanya yang kehitaman seperti kamuflase pada batu sehingga cukup sulit untuk dicari. Jamur iwatake juga bertekstur sekeras batu.

Dibandingkan jenis jamur lainnya, jamur iwatake ini memiliki kandungan gizi yang paling tinggi & merupakan jenis jamur yang tidak mengandung asam. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan jamur jenis ini sebagai pengobatan bagi orang-orang yang kelaparan ekstrim.

Baca Juga: Dijamin Super Pedas, Ini Dia 6 Jenis Sambal Khas Nusantara yang Wajib Dicoba

Jamur Hiratake

Jenis Jamur Asal Jepang Hiratake

Jamur hiratake merupakan salah satu jenis jamur asal Jepang yang bentuknya cukup lain daripada biasanya. Secara tampilan, jamur ini cukup pipih namun tetap menyerupai tiram. Dalam bahasa Jepang, kata “Hiratake” itu sendiri berarti “jamur pipih”.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

Rasa jamur ini cukup gurih. Terkadang ada beberapa bagian yang manis dan sedikit pedas seperti sedang mengonsumsi lada hitam.

Jamur hiratake punya tekstur kenyal dan biasa dijadikan sup atau diolah bersama kecap dalam masakan Jepang.

Itulah sederet jenis jamur asal Jepang yang bisa Anda coba. Rasanya sedap dan punya gizi tinggi yang baik untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News