Keluarga

7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Dunia mengenal makanan khas Korea Selatan, tapi tidak dengan Korea Utara. Padahal, makanan Korea Utara juga tak kalah nikmat dan menarik, lo.

Meski begitu, makanan Korea Utara cukup mirip dengan yang ada di Korea Selatan. Sebab, kedua negara Korea ini telah berbagi tradisi selama bertahun-tahun lamanya sebelum akhirnya berpisah.

Tapi tetap saja, ada perbedaan mencolok yang hadir pada makanan Korea Utara. Nah, kini, MomsMoney menyajikan 7 jenis makanan khas Korea Utara, yang dilansir dari Lacademie:

Baca Juga: 4 Jenis Hidangan Mie Ala Korea yang Paling Populer dan Sering Muncul di Drakor

Nasi khas Pyongyang

Nasi khas Pyongyang atau pyongyang onban menjadi makanan Korea Utara selanjutnya yang wajib dicoba.

Pyongyang onban adalah menu nasi asli dari Pyongyang yang biasa disajikan saat perayaan penting. Makanan Korea Utara ini begitu simpel karena hanya terdiri atas nasi putih, ayam suwir, dan jamur kering.

Desas-desus mengatakan, pyongyang onban tercipta dari seorang ibu rumahtangga miskin yang ingin menyiapkan bekal untuk suaminya di penjara.

arena keterbatasan ekonomi, sang ibu rumahtangga tersebut hanya mengocok bahan makanan sisa sehingga terciptalah pyongyang onban.

Baca Juga: Menggiurkan, Pancake Lezat dari 4 Negara Ini Punya Jenis yang Berbeda

Mi soba kuah khas Pyongyang

Pyeongyang Naengmyeon Makanan Korea Utara

Makanan Korea Utara yang wajib Anda coba adalah mi soba khas Pyongyang. Mi yang lebih dikenal sebagai mul naengmyeon atau pyeongyang naengmyeon merupakan jenis mie soba berkuah yang disajikan secara dingin.

Pyeongyang naengmyeon selalu disajikan bersama dongchimi atau sejenis kimchi dingin dan irisan telur rebus.

Baca Juga: 6 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Ayam, Tertarik Mencoba?

Tahu goreng isi nasi

Dudubap Makanan Korea Utara

Ada makanan Korea Utara yang bentuknya begitu mirip dengan baso tahu khas Bandung, lo. Nama makanan ini adalah dudubap.

Jika baso tahu Bandung adalah tahu goreng yang diisi sedikit aci, maka dudubap adalah makanan Korea Utara berupa tahu goreng dengan isian nasi.

Dudubap itu sendiri merupakan makanan Korea Utara yang sangat terkenal baik bagi keluarga lokal maupun wisatawan internasional.

Penduduk lokal biasa menyantap dudubap ini sebagai menu sarapan cepat. Dudubap paling enak disantap bersama saus gochujang sebagai cocolan.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Mi soba kering dengan saus cabai

Selain pyeongyang naengmyeon, adapun makanan Korea Utara lainnya yang wajib Anda coba ialah hoe naengmyeon atau mi soba pedas.

Jika pyeongyang naengmyeon adalah mi soba yang disajikan dengan kuah, maka hoe naengmyeon adalah mi soba yang disajikan kering dengan saus pedas gochujang yang super banyak.

Hoe naengmyeon sangat terkenal di wilayah Hamhung, kota terbesar kedua di Korea Utara. Di kota ini, hoe naengmyeon disajikan dengan irisan ikan mentah yang telah dimarinasi. Sebab, Kota Hamhung terkenal akan seafoodnya yang segar-segar.

Baca Juga: Resep Ayam Madu Krispi Ala Korea, Manis Bumbunya Bikin Ketagihan!

Aspik Korea Utara

Makanan Korea Utara bernama aspik cukup jarang didengar oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata, masyarakat Korea Utara cukup menyukainya.

Aspik sendiri merupakan sebuah gelatin yang terbuat dari kaldu daging. Di Korea Utara sendiri, kaldu yang dipakai berasal dari kaldu lembu yang memang banyak dikembangbiakkan di sana.

Makanan Korea Utara yang satu ini mendapatkan pengaruh dari negara tetangganya, Rusia.

Baca Juga: 3 Makanan Korea yang Unik dan Tidak Biasa. Pernah Coba?

Sup ikan belanak khas Sungai Taedong

Sup ikan belanak atau lebih dikenal sebagai sungo-guk merupakan makanan Korea Utara yang sangat terkenal.

Sup ikan belanak berasal dari ikan belanak abu yang banyak tersebar di Sungai Taedong yang membelah ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Penduduk lokal biasa mengonsumsi makanan khas Korea Utara yang satu ini pada musim dingin karena ikan belanak ada pada kondisi terbaiknya pada saat musim dingin tiba.

Sungo-guk juga dikonsumsi sebagai menu perayaan penyambutan bagi keluarga yang berhasil pulang dari Pyongyang setelah mengabdikan diri pada negara.

Baca Juga: 4 Menu Dessert Korea yang Halal Bertema Kacang Merah, Manis dan Bikin Ketagihan

Kimchi khas Korea Utara

Kimchi Khas Korea Utara

Kimchi adalah menu pendamping yang wajib hadir di setiap waktu makan. Kimchi sendiri dikenal sebagai makanan khas dari Korea Selatan. Tapi jangan salah, Korea Utara pun punya jenis kimchinya sendiri, lo.

Sebagai informasi, kimchi di Korea Selatan itu sendiri memiliki puluhan jenis yang tersebar di berbagai daerah. Begitu pula di Korea Utara, ada jenis-jenis kimchi tertentu yang terkenal.

Baca Juga: 6 Fakta Konsep Unik Restoran Karen’s Diner yang Punya Pelayanan Jutek

Kimchi khas Korea Utara ini memiliki warna merah yang lebih terang, tidak terlalu pedas, tetapi rasanya lebih tajam daripada jenis kimchi khas Korea Selatan.

Sama seperti di Selatan, makanan Korea Utara yang satu ini juga jadi menu pendamping yang wajib dihidangkan setiap kali akan makan.

Itu dia 7 jenis makanan Korea Utara yang bisa MomsMoney sajikan untuk Anda. Adakah di antara menu-menu di atas yang membuat Anda ngiler dan ingin segera mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News