Keluarga

Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

MOMSMONEY.ID - Sate merupakan salah satu jenis makanan paling umum dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya, rata-rata hanya mengenal beberapa jenis sate Indonesia. Padahal, Indonesia sangat kaya akan ragam sate yang berbeda.

Ada begitu banyak jenis sate Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru daerah di Nusantara. Sate-sate ini dikenal memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga mengundang rasa penasaran orang untuk mencobanya.

Nah, kali ini MomsMoney hadirkan 8 jenis sate Indonesia yang bisa Anda coba. Penasaran apa saja? Merangkum dari Dapur Umami dan Kompas, berikut selengkapnya.

Baca Juga: Tak Ada di Negara Lain, Ini Dia 5 Jenis Teh Asli Indonesia yang Bisa Anda Coba

Sate Lilit

Sate lilit merupakan salah satu jenis sate Indonesia yang berasal dari Bali. Jenis sate ini sangat terkenal tak hanya di kalangan wisatawan dalam negeri, tapi juga mancanegara.

Dinamakan sate lilit karena jenis sate yang satu ini tak ditusukkan seperti jenis sate pada umumnya, melainkan melilitkan daging cincang ke sebatang serai utuh.

Daging yang biasa dihidangkan untuk membuat jenis sate ada berbagai macam, mulai dari daging ayam, babi, ikan, kambing, hingga daging tenggiri.

Baca Juga: Penggemar Sambal, Ikuti 4 Tips Bikin Sambal yang Awet dan Tahan Lama

Sate Madura

Jenis sate Indonesia yang paling umum dan paling banyak tersebar di hampir seluruh pelosok Nusantara adalah Sate Madura.

Seperti yang diketahui, sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, ataupun kambing. dalam 1 tusuk sate, daging yang disajikan biasanya terdiri atas bagian daging & lemak.

Jenis sate Indonesia ini juga diberi bumbu saus kacang dan kecap sehingga rasanya manis. Biasanya dihidangkan pula bersama irisan bawang merah & potongan acar yang memberi variasi rasa pada lidah.

Baca Juga: Dijamin Super Pedas, Ini Dia 6 Jenis Sambal Khas Nusantara yang Wajib Dicoba

Sate Jando

Sate Jando

Masih asing dengan sate jando? Sate jando merupakan jenis sate Indonesia yang berasal dari Bandung.

Sate jando ini terbuat dari payudara sapi bagian dalam yang rasanya lebih kenyal daripada lemak. Ukurannya lebih tebal daripada lemak sapi biasanya, serta warnanya yang putih, mirip dengan lemak sapi pada umumnya.

Sate jando dipopulerkan oleh para pedagang di Bandung, tepatnya oleh para pedagang di belakang Gedung Sate Bandung, dan daerah Gasibu Bandung.

Seiring berjalannya waktu, jenis sate Indonesia ini semakin popular dan sekarang sudah banyak para pedagang di daerah Bandung yang menjual sate jando.

Baca Juga: 6 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Kotoran Gajah

Sate Taichan

Sate Taichan

Jenis sate Indonesia kali ini pernah sangat popular di tahun 2016, namanya adalah sate taichan.

Sate taichan merupakan jenis sate tanpa bumbu kacang. Sate taichan terbuat dari bahan ayam yang dibakar secara polos tanpa bumbu apapun. Namun untuk menambah rasa, biasanya sate taichan menggunakan sambal rawit dan perasan air jeruk nipis supaya sate tak hambar.

Sate pentul

Sate pentul merupakan jenis sate Indonesia yang berasal dari Palembang. Meski cukup kurang dikenal, namun jenis sate ini patut Anda cob ajika berkunjung ke daerah Palembang.

Sate pentul dibuat dari bahan ikan tenggiri kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan aneka bumbu. Setalah jadi, adonan sate pentul ini ditusukkan pada batang serai untuk dipanggang.

Baca Juga: 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa, Makin Mirip dengan Jennie Blackpink!

Sate Komoh

Sate komoh merupakan jenis sate Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Timur. Jenis sate ini dibuat dari daging sapi yang ditumis terlebih dahulu menggunakan aneka bumbu rempah, lalu ditusukkan ke dalam tusuk sate untuk dibakar.

Melansir dari Kompas, sate komoh punya kekhasan berupa warnanya yang merah kecoklatan karena bumbu tumisan. Sate ini juga punya rasa yang manis serta gurih yang berasal dari rempah-rempah.

Khusus bagi masyarakat Jawa Timur biasanya menghidangkan sate komoh sebagai lauk dalam nasi kotak.

Baca Juga: Jadi Liburan Impian, Ini Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Sate Bandeng

Selanjutnya, ada sate bandeng yang merupakan jenis sate Indonesia, berasal dari daerah Banten. Secara fisik, bentuknya begitu mirip dengan sate lilit. Namun jika sate lilit menggunakan batang serai sebagai bahan tusukan, sate bandeng ini menggunakan tusukan tangkai bamboo yang lebih kokoh.

Membuat sate bandeng ini sedikit rumit, karena harus dimulai dengan memisahkan daging dengan kulitnya. Lalu hilangkan juga duri bandeng. Setelah itu, daging dicampurkan dengan aneka bumbu & rempah lainnya, sebelum pada akhirnya dimasukkan kembali ke dalam kulit bandeng dan dibakar.

Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan jenis sate Indonesia yang berasal dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Makanan khas Sunda ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Baca Juga: Anak Sering Masuk Dapur? Ini 6 Tips Membuat Dapur yang Aman Bagi Anak Usia Balita

Untuk dapat membuat sate maranggi, siapkan terlebih dahulu aneka bumbu rempah yang dihaluskan beserta dengan air panas sebelum pada akhirnya dijadikan sebagai bumbu perendam daging sapi untuk dimarinasi.

Proses marinasi inilah yang membuat jenis sate Indonesia ini jadi tak perlu lagi menggunakan bumbu/cocolan lainnya, karena bumbu sudah meresap sempurna ke dalam daging.

Itulah beberapa jenis sate Indonesia yang bisa Anda temui di berbagai penjuru daerah. Ada yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News