Keluarga

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Mencuci Pakaian di Mesin Cuci

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Mencuci Pakaian di Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID - Meski sudah bertahun-tahun menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian kotor, namun Moms bisa saja belum menyadari bahwa ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan saat mencuci di mesin cuci.

Kesalahan ini bisa saja terjadi saat Moms sedang sangat sibuk sehingga ingin semua pekerjaan rumah cepat beres. Moms jadi luput memperhatikan jenis pakaian yang tak boleh disatukan dalam mesin cuci.

Kesalahan-kesalahan ini dapat berakibat fatal karena dapat membuat pakaian jadi luntur hingga rusak. Lantas, apa saja hal-hal yang tak boleh dilakukan saat mencuci pakaian di mesin cuci?

Merangkum dari laman Food52 dan Family Handyman, berikut liputannya!

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Hilangkan Bau Terasi yang Menempel pada Wadah

Tidak menguji air yang digunakan

Untuk mencuci pakaian kotor di mesin cuci, air jadi salah satu elemen penting yang wajib diperhatikan. Ketahui apakah air yang ada di rumah Anda memiliki kadar kalsium & magnesium terlarut yang tinggi atau tidak.

“Air sadah yang tidak diolah dapat meninggalkan endapan mineral pada pakaian yang dapat memudarkan warna dan kualitasnya dari waktu ke waktu,” ucap Tim Dunphy, seorang pakar air di Leaf Home yang dilansir dari Food52.

Untuk mencegahnya, Moms bisa menggunakan water softening atau pelembut air yang memang khusus untuk menghilangkan kadar kalsium, magnesium, dan kation logam tertentu pada air di rumah Anda.

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

Membiarkan ritsleting terbuka

Ketika akan mencuci baju menggunakan mesin cuci, biasakan untuk menutut ritsleting celanamu. Membiarkan ritsleting terbuka dapat membuat celana robek sedikit demi sedikit.

Perhatikan juga kaitan bra yang Anda masukkan ke dalam mesin cuci. Kaitan bra yang tidak terjepit dapat menarik kain lain sehingga semua baju yang ada dalam mesin cuci jadi berbelit.

Memasukkan detergen langsung ke baju

Menggunakan deterjen di mesin cuci

Kesalahan yang kerap kali terjadi adalah memasukkan detergen langsung ke pakaian. Ini membuat pakaian jadi tak bersih karena detergen hanya akan menggumpal dan tak rata membersihkan seluruh pakaian.

Cara yang benar untuk hasil cucian yang lebih bersih adalah dengan memasukkan pakaian kotor terlebih dahulu, lalu tambahkan air, dan terakhir tambahkan sabun. Jika ingin menggunakan pemutih, tambahkan air terlebih dahulu barulah cucian yang kotor.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia Tips Bersihkan Pakaian dari Berbagai Jenis Noda dan Kotoran

Menyatukan semua pakaian yang berwarna

Menyatukan semua cucian kotor yang berwarna terang hingga gelap adalah sebuah kesalahan fatal yang sulit untuk diperbaiki.

Sebelum memasukkan semua cucian kotor ke mesin cuci, pilah dan pilih pakaian dengan warna terang dan pakaian yang berwarna gelap. Pisahkan pula pakaian yang berwarna putih. Hal ini bisa meminimalisir lunturnya pakaian dengan warna gelap ke pakaian yang berwarna terang dan putih.

Khusus untuk celana denim/jeans, balikkan bagian dalam ke luar lalu cuci dengan air dingin dengan siklus lembut. Keringkan pada suhu yang rendah agar warnanya tak memudar.

Baca Juga: 5 Cara Cepat dan Efektif Membersihkan Noda Bekas Stiker yang Menempel

Membiarkan kemeja dengan kancing tertutup

Ritsleting celana memang harus ditutup, namun berbeda dengan kemeja yang memiliki kancing. Terkadang, Moms membiarkan kemeja dicuci dalam keadaan kancing tertutup. Namun ternyata hal ini salah.

Membiarkan kancing kemeja tertutup saat dicuci pada mesin cuci dapat membuat kancing jadi rusak dan robek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News