Keluarga

6 Tips Ampuh Hilangkan Bau Terasi yang Menempel pada Wadah

6 Tips Ampuh Hilangkan Bau Terasi yang Menempel pada Wadah

MOMSMONEY.ID - Terasi memiliki bau yang sangat menyengat dan sulit untuk dihilangkan. Celakanya, bau terasi bisa menempel pada wadah hingga berhari-hari.

Berikut ini MomsMoney hadirkan beberapa tips ampuh hilangkan bau terasi ini dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Mau tahu apa saja tipsnya? Intip artikel ini yang dilansir dari Palmia dan The Kitchn, selengkapnya!

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia Tips Bersihkan Pakaian dari Berbagai Jenis Noda dan Kotoran

Pakai air lemon

Lemon memiliki peran ampuh untuk menghilangkan bau menyengat, terutama bau terasi pada wadah. Ini karena lemon mengandung asam yang dapat menghilangkan noda membandel serta aroma segarnya yang hilangkan bau tak enak.

Cara paling ampuh untuk menghilangkan bau pada wadah adalah dengan mencampurkan air hangat dengan perasan jeruk lemon dan merendamkannya pada wadah yang berbau tak sedap. Biarkan wadah terendah selama 30 menit dan bilas dengan sabun serta air untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

Arang

Bau terasi yang menyengat dan tertinggal lama dalam wadah bisa dihilangkan dengan arang.

Moms bisa menempatkan sepotong arang pada wadah lalu tutup dan biarkan hingga semua aromanya terserap.

Ampas kopi

Kopi dikenal dapat menetralkan berbagai aroma tak sedap, salah satunya bau terasi. Menghilangkan aroma bau terasi bisa dilakukan dengan cara mengambil ampas kopi dan menyimpannya pada wadah yang berbau.

Ampas kopi, baik yang basah maupun yang kering tetap bisa digunakan untuk menyerap aroma bau terasi. Cukup diamkan ampas kopi dalam wadah hingga bau terasi hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 5 Cara Cepat dan Efektif Membersihkan Noda Bekas Stiker yang Menempel

Ampas kelapa parut

Tidak seperti ampas kopi yang dibiarkan dalam wadah hingga bau hilang sendiri, ampas kelapa parut harus digosokkan pada wadah agar wadah tak lagi berbau terasi.

Ampas kelapa parut bekas membuat santan bisa digosokkan pada wadah selama beberapa kali hingga bau terasi benar-benar hilang. Setelah itu, jangan lupa untuk membilas wadah dengan sabun agar lemak bekas kelapa menghilang.

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri

Cuka putih

Cuka putih dikenal sebagai salah satu bahan pembersih yang paling ampuh dan sering digunakan untuk membersihkan berbagai macam peralatan.

Ternyata, cuka putih juga dapat menghilangkan aroma tak sedap dari terasi yang menempel pada wadah, loh! Caranya, cukup campurkan 1 tetes cuka putih ke dalam air secukupnya, lalu aduk rata dan biarkan wadah terendam pada air campuran cuka putih tersebut hingga baunya hilang.

Cahaya matahari

Cahaya matari langsung juga dapat menghilangkan bau terasi yang menempel pada wadah. Cara ini terbilang sangat simpel karena Anda hanya perlu menempatkan wadah di bawah sinar matahari langsung untuk melawan bau tak sedap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News