Keluarga

5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Bersantan Tanpa Takut Kolesterol Naik

5 Cara Sehat Konsumsi Makanan Bersantan Tanpa Takut Kolesterol Naik

MOMSMONEY.ID - Masih takut konsumsi makanan bersantan karena tak ingin kadar kolesterol naik? Ternyata, ada, lo, cara sehat konsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol.

Meski selalu dicap sebagai makanan yang tak ramah kolesterol, sebenarnya santan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Hanya saja, cara memasaknya inilah yang mengubah santan jadi mengandung tinggi kolesterol.

Untuk bisa menghindarinya, ada beberapa cara sehat konsumsi makanan bersantan yang dilansir dari Omela, berikut:

Baca Juga: Masakanmu Sering Basi? Ini 4 Trik Masak Makanan Bersantan Supaya Tak Mudah Basi

Masak santan dengan benar

Cara sehat konsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol bisa dilakukan dengan melakukan proses memasak santan dengan benar.

Sejatinya, santan diperoleh dari tumbuhan kelapa yang memang tak mengandung kolesterol. Namun, kolesterol ini bisa hadir akibat proses pemasakan yang dilakukan.

Proses pemasakan santan yang terlalu mendidih dapat mengubah asam lemak menjadi lemak jenuh. Sehingga, menimbulkan risiko beberapa penyakit yang hadir seperti kolesterol tinggi yang tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Padahal, santan yang berasal dari kelapa ini mengandung antioksidan dan aneka kadungan gizi lainnya.

Baca Juga: Promo Carls Jr Akhir Tahun sampai 2023, Paket 10 Ayam Rp 100.000 dan Beli 1 Gratis 1

Batasi makanan

Cara sehat konsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol adalah dengan coba membatasinya.

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan bersantan untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol yang tidak diinginkan.

Apabila kadar kolesterol Anda mudah naik, cukup konsumsi makanan bersantan dua minggu sekali atau sebulan sekali untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Berkualitas Baik, Ikuti Cara Memilih dan Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Habiskan langsung

Opor Ayam

Makanan bersantan akan jadi berbahaya jika dipanaskan berulang kali. Sebab, makanan bersantan yang dipanaskan berulang akan mengubahnya menjadi lemak jenuh yang mengandung kolesterol tinggi.

Jadi, cara sehat konsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol adalah dengan membuat porsi pas untuk individu. Ini mencegah Anda buang-buang makanan serta tak membuat Anda perlu memanaskan makanan apabila tak langsung habis.

Baca Juga: Cara Masak ala Meksiko, Bikin Masakan Anda Kian Pedas!

Hindari konsumsi makanan tertentu

Apabila Anda merasa telah terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan, maka ada baiknya untuk menghindari jenis-jenis makanan lainnya yang dapat memicu kenaikan kadar kolesterol.

Makanan yang perlu Anda hindari di antaranya aneka jeroan, daging olahan, makanan siap saji, dan jenis seafood tertentu.

Ganti santan

Salah satu cara sehat konsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol adalah dengan mengganti santan itu sendiri.

Kini, telah hadir aneka bahan alternatif pengganti santan yang lebih ramah terhadap para pengidap kolesterol, salah satunya bahan krimer.

Rendang Sapi

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Memasak

Sudah banyak produk pasaran yang kini menjual produk krimer bubuk hingga krimer kental manis. Krimer-krimer ini biasa dipakai sebagai bahan pengganti susu hingga pengganti santan.

Tenang saja, ada banyak produk yang menjual krimer khusus untuk masakan bersantan seperti opor hingga rendang, tanpa harus menggunakan santan itu sendiri.

Krimer ini dinilai lebih sehat karena mengandung rendah lemak, gula, dan kalori.

Itu dia beberapa cara sehat konsumsi makanan bersantan tanpa takut kolesterol. Kini, Moms tak perlu takut lagi makan hidangan apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News