HOME

5 Cara Ini Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

5 Cara Ini Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

MOMSMONEY.ID - Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuburan pria, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, faktor lingkungan, hingga kondisi medis tertentu.

Anda bisa mengurangi risiko mengalami gangguan kesuburan dengan menjaga kesehatan organ reproduksi. Cara menjaga kesehatan reproduksi pria perlu dilakukan untuk mencegah alat kelamin Anda terkena penyakit.

Berbagai cara yang bisa dilakukan, yakni menjaga kebersihan alat kelamin, perubahan gaya hidup, hingga memeriksakan alat kelamin secara rutin.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi pria, di antaranya ini.

Baca Juga: Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya yang Perlu Anda Ketahui

1. Berhenti merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Pria yang gemar merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, berisiko mengalami penurunan produksi dan kualitas sperma. Akibatnya, tingkat kesuburan juga akan menurun, sehingga Anda sulit mendapatkan keturunan.

2. Cukup minum air putih

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria selanjutnya adalah dengan minum air putih.Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu ginjal membuang racun dari dalam tubuh melalui urine.

Konsumsi air yang cukup ditandai dengan urine berwarna cerah, tidak berbau, dan mudah dikeluarkan.

3. Menjaga berat badan

Kesuburan pria juga dapat berkurang jika mengalami masalah berat badan, baik itu obesitasmaupun sebaliknya, memiliki berat badan terlalu rendah.

Ini dikarenakan status gizi yang kurang baik dapat memengaruhi kualitas sperma, sehingga mengurangi tingkat kesuburan pria. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda normal, Anda bisa menghitungnya dengan kalkulator indeks massa tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Ejakulasi Dini

4. Hindari stres

Menghindari dan mengelola stres juga termasuk cara menjaga kesehatan organ reproduksi pria yang tak kalah penting. Pasalnya, stres dapat  menyebabkan rendahnya kadar testosteron. 

Hal tersebut tidak saja berdampak pada menurunnya gairah seks, tapi juga bisa mengakibatkan disfungsi ereksi. 

5. Lakukan hubungan seks secara teratur

Penis yang sehat adalah yang mengalami ereksi secara teratur. Saat ereksi, oksigen dalam darah memenuhi penis dan membuatnya tegang.

Melakukan hubungan seks secara rutin khususnya pada saat pasangan sedang dalam masa subur adalah salah satu cara memperoleh momongan.

Dengan menerapkan cara-cara sederhana di atas, kesehatan reproduksi pria dapat lebih terjaga dan peluang untuk memiliki keturunan menjadi lebih besar.

Namun jika sudah mencoba beberapa cara di atas, serta sudah rutin berhubungan seks dengan pasangan selama beberapa tahun, namun belum juga mendapatkan anak, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. 

Selanjutnya: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria, Salah Satunya Jaga Kesehatan Prostat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News