HOME, Bugar

5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Ejakulasi Dini

5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Ejakulasi Dini

MOMSMONEY.ID - Secara alamiah, pria selalu ingin memastikan kepuasan pasangannya. Namun, niat mulia ini sering terganjal periode ejakulasi yang pendek. Jangan khawatir, ejakulasi bisa diatasi dengan konsumsi makanan sehat.

Berdasarkan konsensus International Society of Sexual Medicine, ciri-ciri ejakulasi dini adalah:

  • Ejakulasi selalu atau hampir terjadi kurang dari 1 menit setelah penetrasi vagina sejak pertama kali melakukan hubungan intim. Ini disebut sebagai ejakulasi dini primer.
  • Gejala ejakulasi dini baru muncul pada pria yang sebelumnya tak ada masalah dengan ejakulasi dini. Kondisi ini dikenal sebagai ejakulasi dini sekunder.
  • Ketidakmampuan untuk menahan ejakulasi pada semua atau hampir semua peneterasi vagina.
  • Menimbulkan konsekuensi negatif secara personal seperti stres, cemas, frustasi, dan menghindari hubungan intim.

Mengatasi ejakulasi dini ada banyak caranya. Mulai dari teknik perilaku, latihan otot-otot dasar panggul, metode jeda-remas (pause-squeeze), hingga pemakaian kondom.

Selain itu, ada juga cara yang patut dicoba, yaitu lewat konsumsi makanan tertentu, Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Gairah pada Wanita

1. Makanan yang mengandung magnesium dan zink

Makanan yang kandungan zink dan magnesiumnya tinggi akan membantu memperlambat durasi yang diperlukan untuk mencapai klimaks. 

Makanan yang berguna untuk mengatasi masalah ejakulasi dini antara lain tiram, biji labu, kedelai, yoghurt, bayam dan sereal gandum.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi almond, kacang merah, buncis, biji wijen, daging sapi dan domba, dark chocolate, bawang putih dan polong-polongan

2. Buah

Buah adalah sumber antioksidan yang bagus, yang bisa dimanfaatkan untuk menangani keluhan ejakulasi dini. Buah yang direkomendasikan adalah yang tinggi akan flavonoid.

Contohnya adalah apel, stroberi, jeruk, tomat, dan pir.

3. Telur

Makanan pencegah ejakulasi dini yang pertama adalah telur. Makanan favorit sejuta umat ini kaya akan protein, yang berperan penting dalam meningkatkan dorongan seksual pada pria.

Jika tidak percya, cobalah konsumsi 2 butir telur setiap harinya, dan rasakan perbedaannya.

4. Bawang merah dan bawang putih

Kedua jenis bawang ini telah lama dikenal sebagai kunci dalam melezatkan masakan. Namun, fungsi bawang merah dan bawang putih yang belum banyak tahu adalah keampuhannya dalam mengatasi ejakulasi dini.

Padahal, kedua jenis bawang ini telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan seksual pria.

Keduanya mengandung allicin, yaitu suatu zat yang potensial dalam meningkatkan gairah seksual pada pria, dan dapat memperlancar aliran darah menuju Mr. P.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria, Salah Satunya Jaga Kesehatan Prostat

5. Asparagus

Makanan pencegah ejakulasi dini selanjutnya adalah asparagus. Sejak lama, asparagus memang telah dipercaya mampu memberikan manfaat sehat pada pria, salah satunya adalah dalam meningkatkan gairah seksual.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E dan mineral yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan fungsi hormon pria. Nah, jangan ragu untuk mengonsumsi lima makanan sehat di atas untuk membantu mengatasi masalah ejakulasi dini.

Barengi juga dengan pola hidup sehat secara total, termasuk jauhi rokok dan minuman beralkohol. Jika durasi ejakulasi masih saja singkat, atau makin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan androlog.

Selanjutnya: 5 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News