Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria, Salah Satunya Jaga Kesehatan Prostat

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:01 WIB
Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria, Salah Satunya Jaga Kesehatan Prostat

ILUSTRASI. Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

MOMSMONEY.ID - Manfaat bawang putih untuk pria sangat baik apalagi untuk kesehatan reproduksi. Bawang putih dikenal mengandung senyawa allicin, vitamin C, fosfor, protein, dan zat besi. 

Manfaat bawang putih untuk pria mampu meningkatkan gairah seksual, menjaga kesehatan prostat, gangguan disfungsi ereksi, hingga menyembuhkan wasir yang sering dialami oleh pria, dikutip dari Healthline.

Menurut sebuah penelitian, manfaat bawang putih untuk pria juga mampu menurunkan risiko timbulnya Benign Prostatic Hyperplisia (BPH) yang merupakan kondisi pembesaran prostat jinak, dilansir dari Everyday Health.

Selain itu, manfaat bawang putih untuk pria sangat direkomendasikan bagi perokok aktif. Terdapat kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak.

Inilah mengapa bawang putih dinilai sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru. Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat bawang putih untuk pria yang wajib diketahui.

Baca Juga: Perut Sebelah Kiri Sakit? Waspadai Gejala Kista Ovarium

1. Meningkatkan produksi testosteron

Manfaat bawang putih untuk pria adalah meningkatan produksi testosteron. Jenis hormon yang sangat penting sebagai hormon yang mendukung sistem reproduksi pria.

Hormon testosteron juga sangat berpengaruh pada jumlah produksi sperma pria. Pada saat terjadinya proses pembuahan, hormon testosteron inilah yang akan membentuk genital pria pada janin.

2. Menjaga kesehatan prostat

Manfaat bawang putih untuk pria sangat baik untuk menjaga kesehatan prostat. Kelenjar prostat sendiri merupakan kelenjar eksokrin yang letaknya ada di dalam panggul yang cenderung dekat dengan lokasi dari kandung kemih.

Ternyata kelenjar prostat berperan penting dalam menentukan kesuburan pria. Prostat memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan yang melindungi sperma.

3. Menghindari disfungsi ereksi

Manfaat bawang putih untuk pria adalah mampu menjaga fungsi dari alat reproduksi. Mengonsumsi bawang putih sangat dipercaya akan kemampuannya dalam mencegah disfungsi ereksi.

Baca Juga: Jika Sedang Program Hamil, Sebaiknya Anda Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

4. Menciptakan wangi bagi pria

Mungkin manfaat bawang putih untuk pria ini terdengar aneh, namun percaya atau tidak banyak wanita yang berpandangan jika wangi tubuh pria yang khas ternyata sangat menarik. Manfaat bawang putih untuk pria adalah dapat menciptakan wangi khas pria.

5. Menambah gairah seksual

Bagi kaum pria, posisi yang tepat bisa membuat pasangan mencapai orgasme atau bahkan multiorgasme. Tentu manfaat bawang putih untuk pria ini akan menjadi kebanggan diri sendiri.

Bukan menjadi hal yang baru, karena memang bawang putih sejak lama telah diketahui memiliki khasiat penting bagi pria dalam peningkatan gairah seksualnya.

Pastikan berkonsultasi dengan dokter apakah makan bawang putih mentah aman atau tidak bagi Anda. Dengan ini, manfaat bawang putih bisa Anda dapatkan dengan maksimal.  

Selanjutnya: 5 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Editor: Helvana Yulian
Terbaru