HOME, Bugar

Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Pada umumnya sperma mempunyai konsistensi mirip gel dan lengket. Hal ini perlu diperhatikan bagi Anda dan pasangan. Apalagi, ketika Anda sedang merencanakan kehamilan. 

Dikutip dari Centers for Disease Control & Prevention, perubahan atau masalah pada sperma bisa terjadi karena adanya masalah kesehatan atau gaya hidup yang tidak sesuai.

Termasuk ketika sperma terlihat lebih encer, cair, atau berair dari biasanya. Berikut adalah beberapa penyebab sperma encer dan cair yang mungkin terjadi pada Anda atau pasangan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Ejakulasi Dini

1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup juga dapat membuat jumlah sperma berkurang sehingga air mani jadi cair. Beberapa gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan sperma encer, antara lain merokok, konsumsi alkohol jangka waktu lama, dan makan makanan yang tidak bergizi. 

2. Kekurangan zinc

Rendahnya kadar zinc di tubuh juga menjadi penyebab air mani encer. Sebuah penelitian dalam Scientific Reports menyatakan bahwa kekurangan zinc bisa menurunkan menurunkan jumlah sperma, serta memperlambat pergerakan sperma (motilitas sperma).

3. Ejakulasi retrograde (terbalik)

Normalnya, sperma dikeluarkan tubuh melalui uretra lewat penis. Ejakulasi retrograde, atau disebut juga ejakulasi terbalik, justru malah membuat air mani masuk kembali ke kandung kemih, bukan keluar.

Pria yang mengalami ejakulasi retrograde akan mengeluarkan air mani yang sedikit, encer, atau malah tidak sama sekali. Itu sebabnya, ini juga disebut sebagai ejakulasi kering.

4. Cairan praejakulasi

Air mani yang encer bisa saja merupakan cairan pra-ejakulasi, bukan air mani mengandung sperma. Biasanya, cairan ini berwarna putih bening dan hanya mengandung sedikit sperma atau bahkan tidak ada sama sekali.

Baca Juga: Tanda-Tanda Disfungsi Seksual yang Kerap Terjadi Pada Perempuan

5. Terlalu sering ejakulasi

Terlalu sering ejakulasi juga dapat menyebabkan sperma menjadi encer. Seseorang yang sering melakukan masturbasi ataupun berhubungan seksual dengan pasangannya beberapa kali sehari dapat memengaruhi kekentalan air mani yang keluar.

Sperma encer tidak selalu berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika air mani yang dihasilkan terus-menerus cair, Anda mungkin perlu menjalani pemeriksaan untuk mengetahui penyebab di baliknya.

Selanjutnya: Manfaat Pepaya yang Luar Biasa untuk Kesehatan Pria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News