HOME, Bugar

5 Buah yang Mengandung Antioksidan, Bisa Mencegah Berbagai Penyakit

5 Buah yang Mengandung Antioksidan, Bisa Mencegah Berbagai Penyakit

MOMSMONEY.ID - Jenis buah tinggi antioksidan banyak macamnya, yang mungkin sudah menjadi bagian dari diet Anda sehari-hari. Namun, beberapa buah memang memiliki antioksidan yang lebih tinggi, terutama buah dari kelompok beri-berian.

Buah yang umum kita konsumsi sebenarnya sudah mengandung zat antioksidan. Namun, beberapa jenis buah mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan buah lain. 

Inilah 5 buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Dikonsumsi untuk Menaikkan Trombosit

1. Anggur

Rasanya tak ada orang yang bisa menahan manisnya buah anggur. Buah kecil ini sangat kaya dengan zat-zat antioksidan, termasuk juga antosianin dan proantosianidin.

Antioksidan dalam buah anggur diyakini membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan sistem imun. 

2. Bluberi

Buah kaya antioksidan terbaik untuk saat ini adalah blueberry. Walaupun kecil, manfaat buah berwarna ungu ini sangat besar. Menduduki peringkat satu antioksidan tertinggi, bluberi mengandung quercetin dan anthocyanidin.

Buah satu ini juga memiliki beragam vitamin dan mineral yang menguatkan sistem imun. Bersama senyawa fitokimianya, antioksidan pada bluberi mampu membantu melindungi Anda dari risiko penyakit kanker dan jantung.

3. Ceri

Buah ceri merupakan makanan tinggi antioksidan alami, khususnya antosianin yang sekaligus memberikan warna merah khas pada ceri. Per 100 gram buah ceri segar memiliki skor ORAC 4.873.

Sebuah studi menemukan makan setidaknya 20 buah ceri dalam sehari mampu mengurangi nyeri asam urat. Antioksidan dalam ceri juga bermanfaat untuk menangkal kanker dan penyakit jantung,

Baca Juga: Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat untuk Daya Tahan Tubuh

4. Stroberi

Stroberi menjadi salah satu buah paling termasyhur di muka bumi. Stroberi kaya dengan vitamin C serta zat antioksidan lain, termasuk antosianin yang layaknya juga ditemukan dalam blueberry.

Seperti yang disampaikan di atas, antosianin berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Delima

Buah lain yang kadar antioksidannya cukup mengesankan adalah buah delima. Masih dari studi dalam Nutrient Journal di atas, buah delima bahkan mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jeruk dan pepaya.

Itulah sejumlah contoh makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat antioksidannya. Senyawa ini sudah terkenal dengan kemampuannya melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat molekul radikal bebas.

Dengan memperbanyak konsumsi daftar makanan di atas, kemungkinan Anda menderita masalah kesehatan pun makin kecil.

Selanjutnya: Kenali Penyebab Amandel dan Cara Mudah Mengobatinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News