HOME, Bugar

Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat untuk Daya Tahan Tubuh

Tips Memilih Suplemen Vitamin C yang Tepat untuk Daya Tahan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Walaupun angka kasus Covid-19 semakin menurun dari hari ke hari, rasa cemas dan takut akan tertular penyakit menular satu ini atau penyakit lainnya masih melanda.

Pasalnya, jika tubuh sudah tidak mampu menahan serangan virus dari luar, siapa saja bisa rentan jatuh sakit. Untuk itu, menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Apalagi selama masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang tepat.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin C dikenal baik untuk memelihara fungsi organ, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta meningkatkan daya tahan tubuh, dilansir dari Mayo Clinic.

Jika hendak menggunakan suplemen vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda tidak boleh sembarang memilih suplemen. Berikut ini adalah cara untuk memilih suplemen vitamin C yang tepat untuk menambah daya tahan tubuh.

Baca Juga: Kenali Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

1. Perhatikan jenis vitamin C

Walaupun ada berbagai bentuk vitamin C, menurut National Institutes of Health, belum ada studi yang menjelaskan mana jenis vitamin C yang lebih baik.

Anda dapat memilih bentuk vitamin C yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan atau sensitif tidaknya terhadap suatu bentuk vitamin C.

2. Nyaman di lambung

Pilihlah suplemen vitamin C yang tidak mengandung asam atau bersifat non-acidic sehingga terasa lebih nyaman di lambung. Terlebih, bagi Anda yang memang memiliki penyakit asam lambung.

3. Aman untuk ginjal

Selain nyaman di lambung, Anda juga disarankan untuk memilih suplemen yang rendah kadar oksalat (oxalate). Jika kadar oksalat di dalam tubuh tinggi, zat ini dapat membentuk kristal atau batu di dalam ginjal.

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

4. Tahan lama di dalam tubuh

Agar asupan vitamin C bisa tercukupi untuk jangka waktu yang lebih panjang, pilihlah suplemen vitamin C yang dapat bertahan lama di dalam tubuh.

Sebagian suplemen vitamin C sudah diformulasikan khusus agar dapat bertahan lebih lama di dalam darah, bahkan hingga 24 jam. Dengan begitu, Anda cukup mengonsumsi suplemen vitamin C tersebut 1 kali sehari.

5. Perhatikan dosisnya

Batas asupan suplemen vitamin C sangat beragam, mulai dari 25 mg hingga 1.500 mg per unit.Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis yang tidak lebih dari 2.000 mg sehari.

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis suplemen dan dosis vitamin C yang tepat sesuai kondisi Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Selanjutnya: Manfaat Pepaya yang Luar Biasa untuk Kesehatan Pria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News