HOME, Bugar

Kenali Penyebab Amandel dan Cara Mudah Mengobatinya

Kenali Penyebab Amandel dan Cara Mudah Mengobatinya

MOMSMONEY.ID - Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan. Organ ini berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak.

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga fungsi amandel mulai tergantikan. Ketika fungsinya tergantikan, amandel secara perlahan akan menyusut.

Tidak semua orang perlu dioperasi untuk mengobati amandel. Biasanya operasi hanya akan menjadi cara terakhir untuk mengatasi amandel. 

Jika kasusnya disebabkan oleh virus, gejala yang muncul biasanya terjadi dalam intensitas ringan, dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7–10 hari. Namun, jika radang tenggorokan tidak kunjung membaik, pertolongan medis diperlukan. 

Baca Juga: Moms, Tidak Pakai Obat Batuk, Ini Cara Mengurangi Batuk Berdahak

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengobati amandel. Simak langkah-langkahnya berikut ini untuk mengobati amandel.

1. Istirahat dulu

Ketika amandel meradang, Anda sebaiknya istirahat dulu di rumah. Pasalnya, beristirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang sedang mengalami infeksi membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri.

2. Pemberian antibiotik

Pemberian antibiotik biasanya dilakukan untuk radang amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik bekerja dengan meredakan gejala dengan lebih cepat.

Tidak sembarangan, pemberian antibiotik biasanya hanya diberikan pada kasus dalam intensitas parah yang berpotensi menimbulkan komplikasi.

3. Kumur air garam

Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas delapan tahun, berkumur dengan air garam bisa membantu redakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel membengkak. 

Baca Juga: Sering Radang Tenggorokan? Kenali 5 Penyebabnya

4. Makan makanan yang lembut

Radang amandel umumnya membuat Anda malas makan karena sulit menelan. Untuk menyiasatinya, pilih makanan yang lembut, berkuah, dan mudah ditelan. Makanan seperti bubur, sup, nasi tim, atau kentang tumbuk (mashed potato) bisa jadi pilihan Anda.

5. Banyak minum 

Jaga tenggorokan dan amandel Anda agar tetap lembap. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Jadi, pastikan Anda banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi.

Anda boleh minum air hangat agar tenggorokan lebih tenang. Namun, air dingin juga baik untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman buat tenggorokan Anda. 

Itulah beberapa langkah mengobati radang amandel pada orang dewasa. Untuk lebih jelasnya mengenai prosedur medis yang dijalani, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter 

Selanjutnya: Waspadai dan Kenali Penyebab Diare Berkepanjangan pada Lansia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News