HOME, Keluarga

4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran, Hari Raya Jadi Nyaman!

4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran, Hari Raya Jadi Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Hari raya Idulfitri atau lebaran hanya tinggal menghitung hari. Siapkah Anda menyambut hari raya yang satu ini?

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyambut datangnya hari kemenangan ini. Selain memasak opor dan menyiapkan baju baru, Anda juga dapat membersihkan rumah supaya perayaan lebaran di rumah terasa makin meriah.

Pada dasarnya, membersihkan rumah menjelang lebaran sama saja dengan membersihkan rumah pada umumnya. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu memaksimalkan momen lebaran yang lebih nyaman di rumah.

Jadi, bagaimana caranya membersihkan rumah menjelang lebaran? Berikut tips-tipsnya untuk Anda.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Jenis Bau di Rumah Ini Perlu Diwaspadai!

Pilah barang-barang di rumah

Dikutip dari laman Khaleej Times, kumpulkan dan pilah barang-barang seperti baju, buku, dan pernak-pernik yang ada di rumah. Pilah barang berdasarkan beberapa kategori, misalnya barang yang ingin disimpan, dibuang, atau disumbangkan pada orang lain.

Untuk memudahkan Anda, siapkan beberapa boks atau kontainer yang berbeda untuk memisahkan barang-barang tersebut. Setelah barang-barang tersebut tersortir dengan baik, rumah Anda pun akan terasa lebih lapang dan terbebas dari barang yang berceceran dan menumpuk.

Kosongkan kulkas

Selama Ramadan, mungkin Anda suka menyimpan banyak bahan makanan di kulkas atau lemari. Nah, menjelang lebaran, ada baiknya Anda mulai menengok isi kulkas dan mengosongkannya dari bahan makanan yang menumpuk di sana.

Singkirkan bahan makanan yang mulai kadaluarsa atau mulai membusuk. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kulkas, mulai dari rak hingga dinding kulkas sehingga siap menyimpan bahan makanan yang baru.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini Rekomendasi Hampers Eco-Friendly untuk Lebaran

Cuci pakaian untuk lebaran

Lebaran merupakan hari raya yang identik dengan baju baru. Walaupun begitu, tak ada salahnya Anda tetap menggunakan baju lama, asalkan sudah disiapkan dengan baik sehingga tetap wangi, segar, dan rapi.

Nah, supaya baju-baju yang dikenakan terlihat apik dan wangi, Cleanipedia menyarankan Anda untuk mencuci baju yang akan dikenakan saat lebaran. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci sendiri, Anda juga dapat menggunakan jasa laundry atau dry clean.

Baca Juga: Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

Bersihkan ruang keluarga dan ruang tamu

Terakhir, Anda dapat fokus untuk membersihkan area yang akan digunakan untuk kumpul keluarga saat lebaran, misalnya ruang keluarga dan ruang tamu.

Anda bisa mencuci dan menyetrika taplak meja, membersihkan sofa dan karpet dengan vacuum cleaner, hingga mencuci piring dan gelas yang akan digunakan untuk aneka hidangan lebaran. Sebagai langkah ekstra, Anda juga bisa menggunakan disinfektan pada permukaan-permukaan tertentu di rumah, mulai dari lantai hingga furnitur.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah menjelang lebaran. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News