HOME, Keluarga

Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

MOMSMONEY.ID - Produk kebersihan buatan rumah yang terbuat dari bahan-bahan alami belakangan ini mulai banyak digunakan sebagai alternatif produk pembersih komersial buatan pabrik.

Biasanya, produk kebersihan ini terbuat dari bahan-bahan yang biasa ditemukan di dapur, sehingga sangat mudah dibuat dan digunakan. Selain itu, produk kebersihan buatan rumah umumnya diklaim lebih aman dan natural dibandingkan produk pembersih konvensional.

Namun, tidak semua bahan dapur cocok dimanfaatkan sebagai pembersih alami. Ada beberapa bahan dapur yang biasanya digunakan untuk pembersih alami karena kandungannya yang ampuh membersihkan kotoran hingga menyingkirkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Jenis Bau di Rumah Ini Perlu Diwaspadai!

Ingin tahu bahan-bahan dapur apa saja yang biasanya digunakan sebagai pembersih rumah alami? Berikut penjelasannya.

Soda kue

Dikutip dari The Spruce, soda kue atau baking soda memiliki sifat abrasif yang lembut, sehingga dapat digunakan untuk menggosok noda yang sulit hilang tanpa perlu takut merusak permukaan tertentu. Selain itu, soda kue juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap sehingga banyak digunakan untuk membersihkan kamar mandi dan dapur.

Boraks

Boraks merupakan bahan yang dapat digunakan sebagai pembersih noda dan pengganti pemutih pakaian. Namun, boraks tergolong bahan kimia yang sedikit keras dan dapat mengiritasi kulit sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya, terutama di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak.

Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang banyak digunakan sebagai bahan pembersih alami. Dilansir dari laman MyRecipes.com, air lemon dan kulitnya tak hanya membuat rumah Anda segar dan wangi, tapi juga dapat menyingkirkan bakteri, kuman, dan jamur karena bersifat asam.

Baca Juga: Alat Elektronik yang Bisa Bantu Bersih-Bersih Rumah Saat Ramadan, Coba Yuk!

Garam

Garam adalah bahan dapur yang banyak digunakan sebagai pembersih alami dan kerap dipasangkan dengan cuka atau air lemon untuk membantu membersihkan berbagai permukaan, misalnya mug keramik, saluran pembuangan di wastafel dapur, hingga benda yang terbuat dari kuningan.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini Rekomendasi Hampers Eco-Friendly untuk Lebaran

Cuka

Cuka merupakan bahan dapur bersifat asam yang mampu membersihkan noda membandel di rumah. Selain itu, cuka dapat digunakan sebagai pelembut pakaian tambahan untuk cucian laundry Anda. Cuka biasanya dipasangkan dengan soda kue sebagai pembersih rumah alami.

Hidrogen peroksida

Terakhir, ada hidrogen peroksida yang berfungsi sebagai disinfektan dan pengganti pemutih pakaian. Mengutip Dengarden.com, hidrogen peroksida dapat digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur, memutihkan pakaian, hingga membersihkan noda darah di kain.

Itulah beberapa bahan dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih rumah alami.

Walaupun bersifat alami atau natural, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan di atas. Perhatikan apakah ada benda-benda tertentu yang sensitif dengan bahan tersebut, dan perhatikan apakah ada beberapa bahan tertentu yang berbahaya jika dicampur.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News