Keluarga

4 Nilai Positif yang Bisa Moms Ajarkan pada Anak saat Ikuti Upacara Kemerdekaan

4 Nilai Positif yang Bisa Moms Ajarkan pada Anak saat Ikuti Upacara Kemerdekaan

MOMSMONEY.ID - Mengikuti Upacara Kemerdekaan Indonesia di Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus sudah rutin dilaksanakan sejak masih anak-anak.

Ada berbagai nilai positif dari mengikuti Upacara Kemerdekaan Indonesia yang mulai bisa diajarkan Moms kepada si kecil. Melansir dari Sahabat Nestle, mari kita simak!

Baca Juga: Ragam Kudapan Asli Indonesia dari Penjuru Nusantara

Tumbuhkan rasa cinta tanah air

Dengan mengikuti Upacara Kemerdekaan Indonesia, anak akan mendapatkan nilai positif berupa tumbuhnya rasa cinta kepada tanah air.

Dengan melihat jalannya upacara berlangsung sejak pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila & UUD 1945, hingga pidato yang disampaikan Pembina Upacara, akan membuat si kecil jadi mengerti akan pentingnya mencintai tanah air.

Moms juga bisa mengajarkan anak untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari sebagai bentuk rasa cinta anak kepada tanah airnya.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Sambal Asli Indonesia dari Berbagai Penjuru Nusantara

Ajarkan jiwa kepemimpinan

UPACARA PENURUNAN BENDERA MERAH PUTIH

Nilai positif berupa jiwa kepemimpinan bisa didapatkan dengan mengikuti Upacara Kemerdekaan Indonesia.

Pada dasarnya upacara kenaikan bendera merah putih tak hanya ada di setiap tanggal 17 Agustus saja, tapi juga setiap hari Senin. Moms bisa memupuk jiwa kepemimpinan anak dengan mendorongnya untuk percaya diri saat mendapat giliran menjadi petugas upacara.

Moms juga jadi bisa mengenali potensi jiwa kepemimpinan si kecil saat ia berpartisipasi jadi petugas upacara di sekolahnya.

Baca Juga: 7 Jenis Mie yang Paling Enak dan Terkenal di Dunia, Ada Salah Satu yang Anda Suka?

Ajarkan kedispilinan

Upacara Kemerdekaan Indonesia mengajarkan kita untuk disiplin baik dalam waktu dan bersikap.

Saat upacara sedang berlangsung, baik petugas maupun anggota upacara harus patuh pada jalannya prosesi dengan tidak membuat gaduh serta tidak membuat banyak gerakan yang tak perlu karena harus melakukan sikap diam.

Ajarkan nilai-nilai positif ini pada anak moms agar ia lebih disiplin pada waktu dan saat bersikap.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Ajarkan kerapihan & kebersihan

Upacara Kemerdekaan Indonesia juga mengajarkan anak untuk selalu berpakaian rapih dan bersih.

Saat melakukan upacara, tentunya anak harus rapih karena harus memakai atribut lengkap mulai dari topi hingga dasi. Tak hanya itu, anak juga dituntut untuk bersih dengan menggunakan kaos kaki serta sepatu yang telah disemir.

Nilai positif berupa kerapihan dalam Upacara Kemerdekaan Indonesia ini dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari anak di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News