Keluarga

Ragam Kudapan Asli Indonesia dari Penjuru Nusantara

Ragam Kudapan Asli Indonesia dari Penjuru Nusantara

MOMSMONEY.ID - Indonesia kaya akan ragam budayanya, termasuk kuliner. Tak hanya masakan berbumbu, Indonesia juga kaya akan beragam kudapan yang biasa disantap saat bersantai.

Berikut ini MomsMoney akan hadirkan beberapa kudapan manis hingga asin yang hadir dari berbagai daerah, melansir dari Royco:

Getuk

Getuk merupakan kudapan asal Jawa Timur yang unik karena punya banyak perbedaan di setiap daerah. Getuk bisa dibuat dari bermacam-macam bahan, mulai dari ubi, pisang, talas, maupun singkong. Ada pula getuk yang bertekstur kasar, ataupun getuk lindri yang bertekstur lembut.

Kudapan asli Indonesia yang satu ini juga disajikan dengan ragam cara, ada yang digoreng ataupun disajikan bersama taburan kelapa parut.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Sambal Asli Indonesia dari Berbagai Penjuru Nusantara

Amplang

Amplang merupakan kudapan asli Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Amplang adalah kerupuk ikan yang berbentuk lonjong, adapun yang berbentuk sekecil kuku jempol tangan.

Seperti kerupuk ikan yang lainnya, amplang ini memiliki rasa gurih yang cocok menjadi makanan pendamping nasi ataupun mie.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Pisang rai

Pisang Rai merupakan kudapan asli Indonesia yang berasal dari Bali. Sesuai namanya, pisang rai terbuat dari pisang sebagai bahan utama.

Dikutip dari Bali Get Away, pisang yang digunakan dalam pisang rai ini berupa pisang ambon, pisang tanduk, ataupun pisang raja yang cukup tua. Namun pisang tersebut tidak terlalu matang agar tidak lembek dan tetap bisa dinikmati.

Pisang tersebut dibalut dengan adonan yang terdiri atas terpung beras, tapioka, dan santan. Adonan yang membalutnya berwarna hijau. Setelah itu pisang pun dipotong-potong dan diberi taburan kelapa parut serta sedikit cocolan gula merah sebagai pemanis.

Baca Juga: Resep Pedas Gurih Udang Kriuk Sambal Bawang, Rasa dan Aromanya Nendang Banget!

Papeda

Kudapan asli Indonesia berikutnya adalah papeda dari Papua, Maluku, dan sebagian wilayah di Sulawesi.

Papeda bisa dianggap sebagai kudapan maupun makanan utama. Papeda ini berbahan dasar sagu.

Dilansir dari Indonesia.go.id, masyarakat adat Papua sangat menghormati sagu sebagai penjelmaan manusia, sedangkan Masyarakat Raja Ampat menganggap sagu sebagai sesuatu yang istimewa, sehingga sering diadakan upacara khusus saat panen sagu tiba.

Baca Juga: Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Makan Prasmanan di Kondangan

Peuyeum

Peuyeum

Peuyeum merupakan kudapan asli Indonesia yang berasal dari Bandung. Peuyeum terbuat dari singkong. Sekilas memang terlihat mirip dengan tape singkong, tapi jelas ada perbedaannya.

Peuyeum bertekstur lebih keras, tidak berair, dan lebih tahan lama dari tape singkong. Peuyeum pun memiliki rasa yang tidak semanis tape singkong.

Tapi terkadang, kudapan ini bisa diolah kembali menjadi cemilan lain, salah satunya ada colenak.

Baca Juga: Resep Snack Jepang Tempura Super Kriuk Isi Aneka Makanan Laut hingga Sayuran

Tape uli

Kudapan asli Indonesia yang terakhir adalah tape uli dari Betawi. Uli merupakan beras ketan putih yang dicampurkan bersama kelapa, dikukus, dan dibungkus oleh daun pisang. Kudapan ini biasa dinikmati bersama tape beras ketan hitam.

Aroma dan cita rasanya sangat khas karena merupakan hasil fermentasi dari ketan hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News