Keluarga

4 Cara Pintar Hilangkan Kerak Nasi yang Menempel pada Panci Rice Cooker

4 Cara Pintar Hilangkan Kerak Nasi yang Menempel pada Panci Rice Cooker

MOMSMONEY.ID - Kerak nasi yang menempel pada panci rice cooker cukup sulit dibersihkan. Kerak nasi ini menempel sangat erat dan jika dipaksa untuk dibersihkan, maka panci rice cooker dikhawatirkan lecet.

Untuk singkirkan sisa kerak nasi tersebut, ada sederet cara pintar yang bisa dilakukan. Melansir dari Bola Deli dan Pinhome, selengkapnya.

Cabut kabel rice cooker

Sebelum benar-benar mengering hingga berubah menjadi kerak nasi, cabutlah kabel rice cooker. Jika tak segera dicabut, maka biasanya sisa nasi akan mengering.

Jika sisa nasi masih ada, segera angkat dan habiskan sehingga panci rice cooker masih dalam keadaan lembab. Dengan begitu, Anda tak akan kesulitan saat mencucinya.

Baca Juga: Begini 4 Tips Merawat Rice Cooker Supaya Awet

Rendam

Jika kerak nasi sudah terlanjur mengering dan menempel pada panci rice cooker, maka cara mengilangkan kerak nasi tersebut bisa dengan merendamnya.

Pertama-tama, ambil semua sisa nasi dari panci rice cooker. Lalu rendam sisa kerak nasi yang sudah mengering menggunakan air hangat selama beberapa menit.

Nantinya kerak nasi yang mengeras akan melunak dan meluruh dengan sendirinya sehingga akan lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga: Kerap Berbau Tengik, Ikuti 6 Cara Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker

Nasi dalam rice cooker

Panaskan rice cooker

Cara ini sebenarnya cukup mirip dengan sebelumnya, hanya saja terbilang lebih praktis.

Anda hanya perlu mengklik tombol warm pada rice cooker yang berisi kerak nasi, kemudian segera isi panci berkerak tersebut dengan air. Tunggulah kerak nasi meluruh dengan sendirinya.

Melansir dari Kompas, sisa kerak nasi yang belum benar-benar rontok dapat dibersihkan menggunakan centong nasi plastik & tisu kompor. Sebab serat pada tisu kompor dapat mengangkat seluruh sisa kerak nasi.

Baca Juga: Moms, Ini Dia 4 Tips Memasak Ikan Bakar yang Lezat Seperti Buatan Restoran

Jeruk nipis

Jeruk nipis

Jika ingin cara yang lebih efektif, Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan kerak nasi yang menempel.

Cukup mudah, Anda hanya perlu mengusap-usapkan permukaan jeruk nipis yang telah dibagi dua ke atas panci rice cooker yang mengerak. Lakukan tahapan ini berulang kali hingga kerak hilang.

Tetesan air jeruk nipis yang mengenai panci rice cooker inilah yang akan membuat kerak nasi melunak. Ini karena zat asam pada jeruk nipis jauh lebih kuat untuk membersihkan kotoran daripada air lemon sekalipun.

Kini Anda dapat meniru sederet cara di atas untuk dapat hilangkan kerak nasi yang tersisa pada panci rice cooker dengan cara yang amat mudah dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News