Keluarga

Begini 4 Tips Merawat Rice Cooker Supaya Awet

Begini 4 Tips Merawat Rice Cooker Supaya Awet

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa tips merawat rice cooker supaya awet. Rice cooker adalah alat masak paling dibutuhkan bagi rumah tangga untuk mempercepat proses menanak nasi.

Karena rice cooker tergolong ke dalam jenis barang elektronik, maka rice cooker akan cepat rusak bila tidak dirawat secara benar. Nah, berikut ini tips merawat rice cooker supaya awet, dilansir dari Sharp.

1. Cabut stop kontak jika tak digunakan

Cara merawat rice cooker yang pertama adalah dengan mencabut stop kontak setiap kali rice cooker sedang tidak digunakan.

Ketika nasi telah habis, maka cabut stop kontak dari aliran listrik. Setelah itu, tunggulah hingga panci rice cooker mendingin. Jika panci rice cooker telah dingin, maka anda boleh mencucinya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Mangga yang Manis dan Matang saat Musim Panen Tiba

2. Jangan mencuci beras menggunakan panci rice cooker

Philips Rice Cooker HD3119

Kebanyakan orang mencuci beras menggunakan panci rice cooker secara langsung. Namun nyatanya, hal ini tak boleh dilakukan.  

Kebiasaan mencuci beras menggunakan panci rice cooker bisa menyebabkan lapisan anti lengket pada panci tersebut terkikis.

Akibatnya, lama kelamaan panci bisa rusak dan nasi yang dimasak akan menjadi lengket menempel pada permukaan panci rice cooker.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menyimpan Susu Cair di dalam Kulkas Agar Tak Cepat Basi

3. Cek uap air

Merawat rice cooker bisa dilakukan dengan mengecek tempat penampungan uap air. Pastikan bahwa uap air dalam penampungan rice cooker tidak dipenuhi air.

Apabila tempat penampungan uap air terisi penuh dan didiamkan berhari-hari, maka hal ini akan menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu. Ini akan berpengaruh pada bau nasi yang biasanya harum.

Jika uap air dipenuhi air, pastikan bahwa Anda selalu membuangnya setiap saat. Ini bisa jadi sala satu cara merawat rice cooker.

Baca Juga: 4 Cara Hemat Berbelanja Bulanan untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Tanpa Takut Boros

4. Cuci panci rice cooker dengan air hangat

Apakah cara Anda mencuci rice cooker selama ini sudah benar? Cara mencuci yang benar supaya rice cooker tetap awet bisa dilakukan dengan merendamnya menggunakan air hangat.

Penggunaan air hangat ini gunanya supaya nasi yang melekat pada panci rice cooker bisa meluruh. Setelah itu, Anda bisa mencucinya seperti biasa menggunakan permukaan spons yang lembut.

Demikian tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat rice cooker supaya awet dan tak mudah rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News