AturUang

4 Cara Hemat Berbelanja Bulanan untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Tanpa Takut Boros

4 Cara Hemat Berbelanja Bulanan untuk Penuhi Kebutuhan Gizi Tanpa Takut Boros

MOMSMONEY.ID - Di pertengahan bulan ini, ada banyak bahan makanan yang sudah habis. Sayangnya, uang bulanan pun sudah menipis. Tapi tak perlu khawatir, MomsMoney punya cara hemat berbelanja bulanan yang bisa Moms ikuti.

Ada 4 cara hemat berbelanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga tanpa boros. Mau tahu apa saja caranya? Melansir dari Dancow, berikut simak selengkapnya, yuk:

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Daftar belanjaan

Budget Belanja Makanan

Cara hemat berbelanja bulanan namun kebutuhan gizi keluarga tetap terpenuhi bisa dilakukan dengan cara membuat daftar belanjaan sebelum pergi ke pasar ataupun mall.

Tulis barang-barang dan kebutuhan utama yang wajib dipenuhi, seperti sayuran, buah-buahan, susu untuk anak, dan berbagai barang kebutuhan lainnya.

Dengan begitu, Moms tidak akan kalap saat berbelanja bulanan karena ada daftar belanjaan yang harus diikuti.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Beli buah sesuai musimnya

Buah mangga

Moms bisa coba membeli buah sesuai dengan musimnya sebagai salah satu cara hemat berbelanja bulanan kebutuhan gizi keluarga tanpa takut boros.

Buah yang dibeli pada musimnya akan jauh lebih murah dibandingkan buah yang sedang tak panen pada musim tersebut.

Untuk hemat berbelanja beberapa rupiah, Moms bisa menggunakan trik ini agar belanjaan tetap hemat namun gizi tetap terpenuhi, ya.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Beli daging utuh

Membeli daging secara utuh juga bisa jadi cara hemat berbelanja bulanan tanpa takut boros, namun tetap memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Pasalnya, membeli daging utuh jauh lebih murah dibandingkan saat membeli daging yang sudah dipotong-potong menjadi bagian tertentu.

Belanja saat perut kenyang

Belanja saat perut kenyang rupanya bisa juga jadi cara hemat berbelanja bulanan dengan gizi yang tetap terpenuhi.

Ini disebabkan perut yang tengah kelaparan akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk membeli segala bahan makanan yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Baca Juga: Resep Pangsit Kuah Susu Super Creamy dan Gurih Ala Chinese Food

Pentingnya berbelanja saat perut kenyang bisa jadi siasat penting menghemat uang belanjaan tanpa harus mengurangi gizi keluarga.

Nah, itu dia beberapa cara hemat berbelanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga tanpa boros. Moms bisa ikuti cara-cara di atas agar lebih bijak menggunakan uang bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News