Keluarga

4 Bagian Daging Terenak untuk Grill yang Empuk dan Juicy, Selezat Buatan Restoran

4 Bagian Daging Terenak untuk Grill yang Empuk dan Juicy, Selezat Buatan Restoran

MOMSMONEY.ID - Berniat mengadakan pesta barbeque di rumah? Coba intip beberapa bagian daging terenak untuk grill yang berikut ini.

Daging sapi memiliki banyak bagian & potongannya tersendiri, mulai dari yang empuk hingga alot, banyak lemak hingga sedikit lemak. Bagian-bagian daging ini jika dipilih secara tepat, dapat menghasilkan hidangan steak selezat buatan restoran.

Maka dari itu, MomsMoney telah merekomendasikan beberapa bagian daging terenak untuk grill, bertekstur empuk, juicy, dan super meleleh di mulut. Melansir dari Holycow dan Restaurants Clicks, selengkapnya.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Jenis potongan dalam daging sapi

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Kurban yang Alot Jadi Super Empuk

Ribeye (iga sapi)

Bagian daging terenak untuk grill adalah ribeye atau iga sapi yang terletak pada tulang rusuk.

Iga sapi selalu menjadi primadona bagi banyak penggemar daging karena teksturnya yang meleleh. Sebab, otot sapi pada bagian ini tidak banyak bekerja sehingga otot menjadi sangat empuk dan memiliki lapisan lemak yang enak jika dimasak.

Iga sapi tanpa tulang maupun yang bertulang sama-sama memiliki rasa lezat & meleleh di mulut apabila dimasak menggunakan suhu tinggi dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

T-bone

Bagian Daging Terenak untuk Grill: T-Bone

Bagian daging terenak untuk grill yaitu T-bone. Sesuai dengan namanya, T-bone merupakan bagian daging berbentuk menyerupai huruf T, berasal dari bagian has luar. Daging ini juga mengandung campuran iga atau ribeye.

Bagian daging T-bone punya lemak lebih rendah daripada bagian iga sapi. Daging T-bone juga tergolong ke dalam jajaran potongan daging kelas premium sehingga harganya sedikit lebih mahal daripada bagian daging lainnya.

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

New York Strip

Bagian Daging Terenak untuk Grill: New York Strips

Bagian daging terenak untuk grill yaitu New York strip. Bagian daging ini dipotong dari arah short loin, yaitu arah pinggang bagian tengah belakang dari sapi. Daging yang satu ini tidak memiliki tulang.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Saus BBQ yang Murah untuk Pesta Barbekyu di Malam Tahun Baru

New York strip memiliki karakter daging yang lembut dan juicy karena berasal dari otot yang tidak banyak bekerja, yakni logissimus.

New York strip juga sudah memiliki rasa yang lezat sehingga cukup memasaknya dengan sedikit garam & lada hitam, maka daging pada bagian ini sudah punya cita rasa yang super lezat.

Porterhouse

Bagian daging terenak untuk grill selanjutnya ada Porterhouse. Daging Porterhouse dengan T-bone sebenarnya berasal dari bagian yang sama. Yang membedakan hanyalah ukuran pemotongannya.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Melansir dari Steaky Steve, Porterhouse merupakan bagian daging yang dikenal sebagai “Rajanya T-Bone” atau “Versi jumbo dari T-bone”. Sebab daging Porterhouse memiliki ukuran jumbo, bahkan lebih besar daripada ukuran daging T-bone ataupun Tenderloin.

Sama seperti T-bone, daging porterhouse memiliki karakteristik daging yang cukup lembut, juicy, dan lemak yang padat.

Itu dia sederet bagian daging terenak untuk grill. Jika Anda berniat untuk membuat pesta barbeque, coba beli 4 bagian daging di atas untuk mendapatkan rasa selezat buatan restoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News