Keluarga

4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

MOMSMONEY.ID - Ada cara memilih daging sapi yang masih segar. Daging sapi yang masih segar punya ciri yang mudah diketahui, baik secara tampilan maupun saat disentuh. 

Daging sapi segar sangat memengaruhi rasa daging sapi yang dihasilkan. Lebih baik pahami cara memilih daging sapi yang masih segar.

Melansir dari Maggi dan Tasty Craze, berikut cara memilih daging sapi yang masih segar!

Aroma

Daging sapi yang masih segar biasanya serat maupun ototnya masih menempel pada tulang. Selain itu juga menimbulkan aroma khas daging mentah. Namun, aroma ini bukanlah aroma busuk.

Aroma khas daging segar biasanya muncul bergantung pada suhu kamar yang ditempatkan setelah daging dipotong.

Aroma ini memang khas namun tidak terlalu menyengat. Daging sapi yang sudah tak segar biasanya berbau menyengat.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Daging yang Cepat dan Lebih Sehat

Cek warna daging

Daging sapi yang masih segar

Moms, daging sapi yang masih segar sangat mudah dibedakan hanya dengan melihatnya saja.

Dengan mengecek lewat warna daging, kita dapat dengan mudah mengetahui apakah daging sapi termasuk ke dalam golongan yang masih segar ataupun sudah tak segar.

Daging sapi yang sudah tak segar biasanya berwarna merah pucat. Sementara daging sapi yang berwarna merah keunguan biasanya telah terpapar oksigen. Namun, daging sapi merah keunguan ini masih baik apabila ingin dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Jenis Potongan Terenak Pada Daging Sapi, Sudah Pernah Coba?

Kebersihan tempat

Kebersihan tempat jadi salah satu indikasi utama dalam memilih daging sapi yang masih segar. Jadi, jangan abaikan hal yang satu ini!

Saat memilih daging segar, perhatikan apakah sang penjual memenuhi kriteria ideal dalam hal kebersihan seperti: memakai masker, sarung tangan khusus, celemek, hingga tingkat kebersihan tempat yang bisa ditinjau berdasarkan banyak tidaknya lalat.

Semakin banyak lalat, semakin Moms harus waspada karena lalat merupakan hewan pembawa larva dan bakteri dari sampah yang mengancam kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 4 Tips Aman Menyimpan Daging Sapi di Dalam Kulkas Agar Tetap Awet Dalam Jangka Lama

Tingkat kekenyalan

Daging Sapi Segar

Daging sapi yang masih segar memiliki tingkat kekenyalan yang baik. Daging sapi segar biasanya apabila ditekan oleh telunjuk, maka teksturnya akan kembali ke semula.

Baca Juga: 4 Tips Memasak Daging yang Sempurna dan Lezat Ala Restoran Bintang Lima

Apabila daging sapi ketika ditekan, bentuknya tak kembali ke semula, maka daging sapi tersebut terindikasi tak segar. Sebab, daging sapi yang sudah lama terkontaminasi oksigen dapat menyebabkan daging jadi lembek, sehingga tak lagi kenyal.

Beberapa cara di atas bisa Anda gunakan dalam memilih daging sapi yang masih segar saat akan membelinya di pasar.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News