HOME, Santai

Yuk, Rawat Ketiak dengan Cara Ini Agar Tetap Bersih dan Sehat

Yuk, Rawat Ketiak dengan Cara Ini Agar Tetap Bersih dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Kecantikan dan perawatan ketiak banyak menjadi perhatian khusus bagi wanita. Terutama dengan semakin banyaknya produk kecantikan yang menyediakan perawatan untuk ketiak.

Bagian ketiak adalah bagian kulit yang memiliki sedikit akses untuk memperoleh udara dan melakukan pergantian udara. Hal tersebut tentunya akan membuat kondisi area ketiak menjadi lembab karena keringat yang bisa menyebabkan iritasi dan munculnya bakteri.

Dengan melakukan perawatan untuk ketiak maka hal hal tersebut dapat di minimalisir dan membuat ketiak menjadi lebih sehat. Lalu bagaimana cara merawat area ketiak dengan benar? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Coba Produk Pemutih Viral Ini Yuk, Bisa untuk Ketiak Hingga Lipatan Kulit Lainnya

Bersihkan secara rutin

Membersihkan ketiak secara rutin minimal satu hari sekali merupakan kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan ketiak. Melansir dari laman Vogue, ketiak merupakan daerah tubuh yang memiliki lipatan yang rentan tumbuh jamur.

Dengan membersihkan ketiak sangat penting dilakukan untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang berada lipatan, membersihkan ketiak dari keadaan lembab, dan menjaga keseimbangan bakteri baik pada area ketiak.

Eksfoliasi

Terlalu banyak minyak, pori-pori tersumbat, munculnya jerawat pada bagian ketiak, dan kusam adalah pertanda bahwa kulit memerlukan eksfoliasi. Melakukan eksfoliasi pada bagian ketiak 1-2 kali dalam seminggu mampu membuat ketiak terlihat lebih bersih.

Bagian ketiak merupakan bagian sensitive, jadi gunakan produk eksfoliasi yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Ingin Pakai Deodorant Alami? Coba Pakai Tawas

Gunakan deodorant alami

Menggunakan deodorant yang mengandung bahan alami juga bisa menjadi cara untuk merawat kesehatan dan kecantikan ketiak. Deodorant yang memiliki banyak zat kimia tentunya dapat membuat ketiak menjadi gelap.

Jangan gunakan deodorant juga tepat setelah Anda bercukur, agar tehindar dari iritasi yang mungkin terjadi saat mencukur.

Selain itu menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang ringan dan tetap dapat membuat pergantian udara pada area ketiak. Agar bakteri dan keringat dapat terminimalisir. 

Perhatikan alat cukur

Jika Anda menggunakan alat cukur untuk ketiak Anda, maka pastikan agar alat cukur Anda dalam kondisi bersih dan tajam saat digunakan. 

Melansir dari laman Organico, untuk menjaga kebersihan alat cukur maka ada baiknya untuk menggunakan alat cukur tidak lebih dari 5 kali. Simpan juga alat cukur jauh dari kamar mandi untuk menjaganya tetap dalam kondisi kering.

Selanjutnya: Apa Sih Delayed Sleep Phase Syndrome Itu? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News