Keluarga

Yuk Kenali Soal Generasi Zalpha, Generasi Antara Gen Z dan Alpha

Yuk Kenali Soal Generasi Zalpha, Generasi Antara Gen Z dan Alpha

MOMSMONEY.ID -  Anda mungkin sering mendengar soal generasi Z maupun generasi Alpha. Kini saatnya Anda mengenali Generasi Zalpha.

Melansir Business Insider, Generasi Zalpha, sesuai dengan namanya merupakan generasi kombo yang terdiri dari Gen Z yang lahir setelah tahun 1996 hingga 2012 dan Gen Alpha yang lahir pada tahun 2013 hingga 2025. Ini sama seperti generasi Zillenials yang lahir dari tahun 1990 hingga 2000. 

Baca Juga: Move to Heaven dan 5 Drama Korea Ini Tampilkan Profesi Unik Karakternya

Artinya Generasi Zalpha termasuk mikro generasi yang menghadapi kondisi pandemi Covid-19 di usia pertumbuhan mereka. Melansir Talented, kondisi pandemi ini meninggalkan bekas mendalam bagi Gen Zalpha. Mereka harus menghadapi kondisi sosial dengan interaksi yang sedikit. 

Pada akhirnya, generasi ini akan memiliki hubungan baru dengan teknologi. Generasi Zalpha akan mencari keseimbangan hubungan dengan teknologi dan manusia. Karakter ini yang akan jadi kunci utama pengembangan teknologi kecerdasan buatan, menemukan keseimbangan alami antara peran teknologi dan interaksi manusia.

Istilah Generasi Zalpha ini dipopulerkan oleh Kristin Patrick, Direktur Marketing Claire. Generasi Zalpha, terutama yang berasal dari Gen Alpha sebagian besar merupakan anak dari Generasi Millenial dan tumbuh sepenuhnya dengan tren online. 

Generasi ini terhitung sebagai generasi yang masing sangat muda. Sebab usia tertua Generasi Alpha saat ini berumur 10 tahun. Dengan kondisi pertumbuhan di era pandemi, generasi ini dinilai akan jadi generasi yang tahan banting.

Generasi Zalpha akan jadi generasi yang sangat mengapresiasi siklus hidup yang lambat. Menghargai waktu yang dihabiskan dengan orang tua, saudara, hobi, memasak, dan olahraga. Ini menjadi bekal yang baik bagi mereka saat memasuki dunia kerja. 

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh A Bain & Company, Gen Zalpha ini diprediksi memiliki nilai pembelanjaan yang tumbuh 3 kali lebih cepat dibandingkan generasi lain pada 2030. 

Generasi Zalpha juga dilaporkan bakal menjadi 1/3 bagian dari konsumen barang mewah. Bahkan mereka digambarkan sebagai generasi yang bersikap dewasa sebelum waktunya terhadap kemewahan. 

Lalu apa perbedaan Generasi Z dengan Generasi Alpha? Generasi Alpha dikenal sebagai generasi yang idealis soal dunia. Mereka mendukung keragaman bahkan menuntut keragaman. Mereka juga dikenal sangat kreatif dan senang berwira usaha. 

Sementara itu Gen Z digambarkan sebagai generasi yang tumbuh secara online, dan Gen Alpha lahir secara online. Anak-anak yang masuk dalam Generasi Alpha adalah bagian dari eksperimen global yang tidak disengaja. Di mana layar diberikan kepada mereka bersamaan dengan dot. 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Kasur Anda dan Membeli Kasur Baru?

Oleh karena itu, para ahli memprediksi Generasi Alpha akan lebih tidak sabar dibandingkan generasi sebelumnya karena mereka mengharapkan kebutuhan mereka terpenuhi secara instan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News