ads

Yuk, Kenali Fungsi Partisi untuk Interior Rumah Anda!

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 27 Mei 2022 | 15:13 WIB
Yuk, Kenali Fungsi Partisi untuk Interior Rumah Anda!

ILUSTRASI. Berikut pengertian, fungsi, dan model-model partisi yang tersedia untuk rumah Anda.


MOMSMONEY.ID - Salah satu masalah utama yang kadang muncul di rumah adalah privasi antar penghuni rumah.

Masalah privasi ini kerap muncul di rumah yang menggunakan konsep open space atau terbuka, karena berbagai ruangan seperti ruang keluarga dan ruang makan dijadikan satu. Alhasil, penghuni rumah merasa tidak punya privasi saat sedang melakukan aktivitas di rumah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tidak perlu membangun tembok bata untuk memberi batas antarruangan. Cukup gunakan partisi yang praktis dan multifungsi, Anda akan mendapatkan privasi yang diinginkan.

Ingin mengetahui lebih lanjut soal partisi? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: 8 Trik Mengakali Plafon Rendah Supaya Terlihat Lebih Tinggi

Apa itu partisi?

Dilansir dari The Spruce, partisi yang juga disebut sebagai room divider adalah sekat yang membatasi atau memisahkan area-area tertentu di dalam rumah.

Berbeda dengan tembok padat yang benar-benar memisahkan ruangan di dalam rumah, partisi hanya berfungsi sebagai penyekat untuk memberikan batas area di dalam rumah. Karena itu, partisi tidak memiliki fungsi peredam udara layaknya tembok.

Secara umum, partisi cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan privasi secara visual di dalam rumah. Misalnya, Anda tidak perlu sungkan untuk makan atau pergi ke kamar mandi ketika ada tamu yang berkunjung. Cukup gunakan partisi untuk menghalangi ruang makan atau pintu kamar mandi, masalah privasi pun selesai.

Fungsi partisi

Dikutip dari homeinstitute.com, fungsi utama partisi adalah memberikan privasi pada penghuni rumah. Seperti yang telah disebutkan di atas, partisi berfungsi untuk menghindarkan pemilik rumah dari rasa malu atau sungkan saat akan melakukan aktivitas tertentu di depan orang lain, misalnya tamu.

Selain itu, berikut beberapa fungsi dari partisi:

  • Menciptakan kesan intim di ruangan yang luas. Di rumah dengan satu lantai atau rumah kecil, terkadang satu ruangan besar digunakan untuk berbagai area, misalnya ruang makan, ruang santai, dan ruang tamu. Penggunaan partisi akan memberi kesan ruangan yang terpisah, sehingga membantu menciptakan rasa intim di area tersebut.
  • Memberikan kemudahan untuk melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan di dalam rumah tanpa takut terasa sumpek atau ramai. Misalnya, Anda bisa makan di area makan sementara anak Anda menonton TV dengan santai di ruang keluarga.
  • Menjadi elemen dekoratif yang menarik di dalam rumah. Kuncinya, gunakan partisi dengan model atau desain yang senada dengan tema atau warna interior rumah.
  • Menjadi tempat pajangan atau penyimpanan barang, sehingga Anda dapat memajang buku, tanaman, atau dekorasi rumah lainnya. Jadi, partisi Anda tidak hanya cantik dipajang, namun juga fungsional.

Baca Juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding yang Wajib Dihindari

Model partisi

Partisi memiliki beragam bentuk dan model yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Dilansir dari The Spruce dan Houzz India, ada beberapa jenis model partisi yang populer digunakan di rumah-rumah, yaitu:

  • Sketsel. Partisi jenis ini banyak digunakan karena praktis. Ada dua jenis sketsel yang umumnya tersedia, yaitu sketsel tunggal yang bisa berdiri sendiri dan sketsel lipat yang bisa dilipat-lipat sesuai kebutuhan. Partisi ini kerap disebut sebagai partisi lipat atau foldable screens.
  • Partisi gantung. Partisi jenis ini bersifat semi-permanen dan memiliki tinggi yang sama dengan dinding rumah, sehingga dapat membantu memberikan privasi lebih. Ada dua jenis partisi gantung yang tersedia, yaitu partisi padat seperti kayu dan kaca, dan partisi kain seperti tirai. Umumnya, partisi jenis ini dipasang ke bagian lantai dan langit-langit rumah supaya kokoh.
  • Partisi permanen. Seperti namanya, partisi ini dipasang secara permanen di dalam rumah sehingga tidak bisa dipindah-pindahkan seenaknya. Biasanya partisi ini terbuat dari material padat dan kokoh seperti kayu, besi, atau kaca.
  • Rak buku. Partisi yang satu ini tak hanya berfungsi untuk memberi batas antarruangan, namun juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Anda dapat menaruh buku, tanaman, foto, atau dekorasi lainnya di rak buku sehingga penampilan ruangan semakin cantik.

Nah, itulah hal-hal mendasar yang perlu Anda ketahui soal partisi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER