ads

5 Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding yang Wajib Dihindari

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 26 Mei 2022 | 18:30 WIB
5 Kesalahan Memilih Warna Cat Dinding yang Wajib Dihindari


MOMSMONEY.ID - Cat dinding merupakan komponen rumah yang terlihat sederhana, tapi nyatanya sangat berdampak pada tampilan rumah Anda.

Sebab, hanya dengan cat dinding, suatu rumah dapat menampilkan kesan yang berbeda. Misalnya, rumah dengan cat berwarna oranye kecoklatan akan memberi kesan hangat, sedangkan cat berwarna putih akan terlihat bersih dan sederhana.

Karena banyaknya ragam warna yang ditawarkan, memilih warna cat dinding yang tepat untuk rumah tentu tidak boleh sembarangan. Supaya tidak salah pilih, yuk simak dulu beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memilih warna cat dinding berikut ini!

Baca Juga: 8 Trik Mengakali Plafon Rendah Supaya Terlihat Lebih Tinggi

Tidak mencoba sampel cat

Dikutip dari laman Berger Paints,terkadang orang-orang memilih warna cat tanpa melihat seperti apa warnanya jika sudah diaplikasikan ke dinding. Padahal, warna cat pada katalog dan warna cat sesungguhnya bisa cukup berbeda, lo.

Oleh karena itu, pastikan Anda mencoba sampel cat dinding terlebih dahulu untuk memastikan warnya cocok dan sesuai dengan ekspektasi. Jika memungkinkan, belilah cat berukuran kecil terlebih dahulu, lalu coba warnanya di rumah.

Tidak mempertimbangkan pencahayaan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, pencahayaan yang ada di rumah ternyata dapat mempengaruhi tampilan cat dinding yang digunakan.

Melansir laman Elle Décor, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih cat adalah pencahayaan yang ada di rumah, terutama pencahayaan alami. Jika Anda menggunakan cat berwarna gelap di ruangan yang redup, bisa dipastikan rumah Anda akan terasa makin suram.

Baca Juga: 4 Tips Menata Balkon Rumah Supaya Cantik dan Nyaman Digunakan

Tidak memperhatikan furnitur dan dekorasi

Pada dasarnya, cat dinding merupakan bagian dari dekorasi suatu rumah. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan faktor furnitur dan gaya dekorasi yang ingin Anda gunakan di ruangan yang akan dicat.

Oleh karena itu, Anda harus mencoba sampel cat untuk memastikan apakah warna cat yang dipilih akan cocok dengan keseluruhan interior rumah dan pernak-pernik yang ada di dalamnya, mulai dari furnitur, dekorasi, hingga pencahayaan.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Dia Penyebab Lantai Keramik Retak dan Pecah!

Tidak memperhatikan warna undertone

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ada warna putih yang terlihat kekuningan dan warna putih yang terlihat kebiru-biruan? Kesan ini disebut sebagai undertone dan dapat mempengaruhi tampilan dari suatu ruangan.

Misalnya, warna putih yang kekuningan akan membuat ruangan terkesan hangat, sedangkan warna putih kebiruan akan memberi kesan sejuk dan dingin. Tergantung suasana yang ingin ditampilkan di rumah, jangan lupa untuk mempertimbangkan undertone ketika Anda memilih warna cat.

Menggunakan terlalu banyak warna

Ketika memilih warna cat, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai pilihan warna. Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa menggunakan beragam warna sekaligus di satu rumah.

Mengutip Real Simple, penggunaan warna yang terlalu banyak di satu ruangan atau satu rumah malah akan membuat rumah terasa ramai, sehingga membuat Anda sulit fokus. Sebaiknya, gunakan prinsip less is more (lebih sedikit, lebih baik) dan tambahkan warna melalui dekorasi.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memilih warna cat dinding. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER