HOME, Santai

Yakin Sedang Lapar? Yuk, Kenali Beda Emotional dan Physical Hunger

Yakin Sedang Lapar? Yuk, Kenali Beda Emotional dan Physical Hunger

MOMSMONEY.ID - Suasana hati kerap kali mempengaruhi nafsu makan seseorang. Bahkan saat merasa sedih atau bahagia, nafsu makan bisa cenderung meningkat.

Namun, tahukah Anda bahwa hal ituhanyalah rasa lapar yang diakibatkan oleh perasaan emosi sesaat atau emotional hunger. Perasaan lapar yang Anda rasakan hanyalah untuk membuat Anda merasa lebih baik. 

Ada pula yang disebut dengan physical hunger, merupakan rasa lapar yang memang diisyaratkan tubuh untuk memberi tahu bahwa tubuh Anda membutuhkan makanan. Tentu saja bukan perkara yang mudah untuk membedakannya. 

Baca Juga: Rempah Herbal Ini Bisa Bantu Atasi Masalah Perut

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk membedakan physical dan emotional hunger.

Physical hunger

Rasa lapar ini ditimbulkan secara berkala oleh tubuh Anda untuk mengisyaratkan bahwa tubuh Anda membutuhkan makanan. Anda mudah merasa kenyang ketika rasa lapar Anda sudah terpenuhi. Rasa lapar ini dapat dipuaskan dengan berbagai macam makanan. 

Melansir dari laman Pink Villa, ciri khas yang dapat Anda perhatikan dari rasa lapar ini adalah perut berbunyi, merasa lemas, gula darah rendah, dan pusing ringan adalah hal-hal yang biasa Anda rasakan ketika rasa lapar ini terjadi.

Physical hunger memberikan rasa kenyang dan puas pada tubuh Anda dan bukan perasaan menyesal karena memakan makanan yang mahal atau tidak sehat. Walaupun hanya makan dengan porsi sedikit Anda tetap merasakan kenyang.

Baca Juga: Selain Karena Makan Terlalu Banyak, Ini Dia Penyebab Perut Kembung

Emotional hunger.

Rasa lapar ini bisa datang secara tiba-tiba. Biasanya muncul dari dalam pikiran bukan dari tubuh Anda. Makanan ini digunakan hanya untuk memuaskan rasa ingin yang sesaat. Sehingga sering menimbulkan rasa penyesalan setelahnya. 

Melansir dari Feel Good Eating, rasa sedih, frustasi, bosan, marah, dan bahkan rasa bahagia dapat menjadi trigger emotional hunger. Makan untuk memenuhi rasa lapar ini hanya akan membantu sementara atau dalam waktu yang sebentar saja. 

Ketika Anda kenyang pun Anda masih bisa merasa tidak puas. Anda masih akan menginginkan banyak makanan sampai Anda merasa perasaan Anda lebih baik.
Yang menjadi ciri khas dari rasa lapar ini biasanya adalah Anda menginginkan makanan yang spesifik. Bisa jadi makanan manis, minuman yang memiliki rasa, coklat, pizza, dan makanan lainnya yang ada dalam pikiran Anda. 

Mengenali rasa lapar yang Anda rasakan merupakan cara yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol makanan yang Anda konsumsi. Serta cara ini juga akan sangat berguna untuk Anda yang saat ini sedang dalam program diet. 

Selanjutnya: Lezat! 5 Street Food Underrated dari Korea Ini Bikin Lapar, Penasaran?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News