HOME, Santai

Selain Karena Makan Terlalu Banyak, Ini Dia Penyebab Perut Kembung

Selain Karena Makan Terlalu Banyak, Ini Dia Penyebab Perut Kembung

MOMSMONEY.ID - Ada banyak penyebab mengapa perut Anda terasa kembung dan membesar. Selain karena mengkonsumsi banyak makanan, ada penyebab lain yang membuat perut Anda terasa lebih besar karena kembung.

Permasalahan seperti banyaknya kandungan air dalam tubuh, jenis makanan yang Anda makan, dan masalah kesehatan lainnya dapat menjadi penyebab perut terasa kembung.

Selain mengkonsumsi terlalu banyak makanan, berikut ini penyebab lain perut menjadi kembung dan terlihat membesar.

Baca Juga: Cuma Mitos! Makanan Minuman Ini Tak Terbukti dapat Mencegah dan Menyembuhkan Covid-19

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti acid reflux, adanya iritasi pada usus besar, hingga wasir atau ambeian dapat menjadi penyebab perut buncit Anda. Maka dari itu, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi Anda ketika merasa terlalu banyak mengeluarkan gas.

Terlalu banyak garam

Sodium atau garam dapat menyebabkan perut mengalami kembung. Melansir dari halaman Webmd, terlalu banyak garam atau sodium yang ada pada tubuh akan membuat tubuh memiliki banyak air yang dihasilkan oleh garam. Ini akan membawa tubuh Anda pada penyakit serius seperti darah tinggi. 

Maka dari itu konsumsi garam secukupnya saja. Jika memungkinkan gunakan garam asli dan bukan merupakan produk pabrik, seperti Himalayan salt.

Baca Juga: Konten Food TikTok Ini Bagikan Resep Sehat

Menstruasi

Tahukah Anda bahwa saat menstruasi perut Anda akan terlihat membesar dari ukuran sebelumnya. Hal ini disebabkan karena hormone PMS yang membuat tubuh Anda menyimpan banyak air dan menyebabkan perut Anda terasa kembung. Jauhi makanan manis, karbohidrat, dan garam untuk menguranginya.

Konstipasi

Melansir dari halaman Medical News Today, penyebab konstipasi yang dapat membuat perut Anda terasa kembung antara lain adalah dehidrasi, kurang mengkonsumsi serat, dan kurangnya nutrisi seperti magnesium. 

Penyebab lain seperti perubahan diet atau pola makan yang tiba tiba dan stress juga dapat menjadi penyebab perut Anda buncit.

Makan terlalu cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat dapat membuat perut Anda terasa kembung. Karena semakin cepat Anda makan maka semakin banyak udara yang masuk pada saluran usus Anda. Hal ini lah yang menyebabkan perut Anda menjadi kembung. 

Makan dengan pelan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama juga. Sehingga makanan dapat dicerna tubuh dengan lebih baik.

Selanjutnya: Rekomendasi Lipstik Warna Peach, Bisa Untuk Warm Tone Maupun Ombre

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News