Bugar

Waspadai! Ini 5 Tanda Paru-Paru Anda Tidak Sehat

Waspadai! Ini 5 Tanda Paru-Paru Anda Tidak Sehat

MOMSMONEY.ID - Paru-paru sangat vital fungsinya dalam menyediakan oksigen bagi tubuh. Namun, organ ini cukup rawan mengalami berbagai masalah kesehatan. 

Ini karena interaksi paru-paru dengan dunia luar hanya dibatasi oleh saluran pernapasan. Ketika paru-paru mengalami gangguan, proses pernapasan pun akan terhambat.

Dalam beberapa kasus, bahkan gejala tidak muncul sama sekali. Namun dilansir dari Healthline, inilah tanda-tanda paru-paru tidak sehat yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Tidak Banyak Orang Tahu! Ini 5 Manfaat Daun Basil untuk Kesehatan

Batuk lama (Kronis)

Batuk memang merupakan ciri-ciri paru-paru bermasalah yang paling umum dan sering ditemukan. Saking seringnya, gejala ini telah dianggap biasa.

Namun, jika batuk tersebut telah berjalan lebih dari delapan pekan lamanya, kondisi ini telah menjadi batuk kronis. Hal itu bisa menjadi gejala paru-paru bermasalah.

Suara berubah serak

Gejala sakit paru-paru berikutnya adalah suara menjadi serak. Gejala ini biasa disepelekan dan dianggap radang tenggorokan biasa. 

Namun, suara serak yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa menjadi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Napas pendek

Napas pendek bisa menjadi gejala paru-paru bermasalah. Periksakan diri segera ke dokter bila mengalami masalah ini.

Jika Anda memiliki masalah paru-paru yang tersembunyi atau mengalami stres, Anda lebih rentan terkena infeksi bakteri yang bisa memicu napas pendek. 

Baca Juga: Sederet Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Nyeri dada kronis

Nyeri dada juga bisa jadi ciri-ciri paru-paru Anda bermasalah. Nyeri dada yang berlangsung 1 bulan atau lebih bisa jadi tanda paru-paru sedang tidak sehat. 

Terlebih saat gejala tersebut bertambah parah saat Anda bernapas atau batuk. Segera periksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Kuku membiru

Kuku yang terlihat membiru bisa jadi tanda sianosis, yaitu suatu kondisi jumlah oksigen yang beredar ke seluruh darah tidak mencukupi. Tanda ini bisa menjadi kalau paru-paru Anda mengalami masalah yang cukup parah.

Jika Anda menbisai kuku berubah sedikit menjadi biru disertai ciri-ciri paru-paru bermasalah lainnya yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya jangan tunda untuk periksa ke dokter.

Nah, bila mengalami gejala-gejala di atas, segeralah temui dokter umum atau dokter paru untuk menbisakan penanganan yang tepat. Untuk menemui dokter paru, Anda bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News