Bugar

Tidak Banyak Orang Tahu! Ini 5 Manfaat Daun Basil untuk Kesehatan

Tidak Banyak Orang Tahu! Ini 5 Manfaat Daun Basil untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID -  Daun basil memiliki aroma yang nyaris mirip dengan daun kemangi. Bentuknya pun mirip. Hanya saja, daun kemangi cenderung lebih ramping dan berwarna lebih pucat.

Daun Basil dapat memberikan manfaat kesehatan saat ditambahkan ke dalam makan, sebagai obat herbal, dan sebagai minyak esensial.

Simak beberapa manfaat daun basil bagi kesehatan di bawah ini yang dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, antara lain: 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Mengatasi Bibir Pecah-Pecah. Bisa Anda Coba!

Mengobati jerawat

Manfaat darun basil yang pertama adalah mengobati jerawat. Ekstrak basil dalam bentuk gel, krim, atau minyak esensial diketahui bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Efek ini diduga berkat kandungan vitamin A, antibakteri, dan antiradang yang dapat meredakan peradangan pada kulit dan jerawat.

Melawan kanker

Sebuah ulasan Nutrition and Cancer menyimpulkan bahwa fitokimia dalam daun Basil dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

Ini dilakukan denagn meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

Mengatasi kelelahan

Manfaat darun basil yang selanjutnya adalah bisa mengatasi kelelahan. Basil terkadang juga digunakan sebagai minyak aromaterapi untuk mengatasi kelelahan dan mengembalikan energi.

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan minyak aromaterapi lain, seperti peppermint, lavender, atau jeruk. 

Baca Juga: Selain Nikmat, Ini 5 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan

Menurunkan gula darah tinggi

Sebuah studi Macedonian Journal of Medical Sciences pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun basil membantu mengurangi kadar gula darah tinggi.

Bahkan, dapat membantu mengobati efek jangka panjang dari gula darahtinggi. Jika penyelidikan lebih lanjut mengkonfirmasi temuan ini, maka ini akan bermanfaat bagi penderita diabetes.

Mengurangi stres

Tak hanya mengatasi kelelahan, menghirup minyak aromaterapi basil juga bisa meringankan stres dan membuat Anda lebih rileks.

Ketika menghirup aromaterapi, hormon stres kortisol di dalam tubuh akan berkurang, sedangkan hormon relaksasi, yaitu endorfin, akan meningkat.

Daun basil baik untuk Anda konsumsi. Akan tetapi, jika Anda memiliki penyakit tertentu dan ingin menggunakan basil sebagai obat, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News