Bugar

Sederet Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sederet Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Olahraga menjadi satu cara efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa jenis olahraga untuk kesehatan jantung yaitu aerobik, olahraga ketahanan, dan fleksibilitas.

Berbagai jenis olahraga bermanfaat menjaga kebugaran secara keseluruhan. Namun, jenis olahraga aerobik dan ketahanan adalah yang paling memberi dampak baik untuk kesehatan jantung.

Olahraga perlu dilakukan rutin untuk mendapatkan hasil optimal. Dilansir dari Very Well Health, berikut ini adalah beberapa olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung, antara lain: 

Baca Juga: Terlalu Stres Bekerja? Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Aerobik

Olahraga aerobik juga dikenal sebagai kardio. Jenis olahraga ini dirancang untuk meningkatkan detak jantung dan membuat tubuh berkeringat.

Aerobik membantu meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Bagi pengidap diabetes, olahraga ini bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Olahraga ketahanan

Olahraga kekuatan merupakan cara lain untuk meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga kekuatan akan membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Olahraga ini juga bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung. Beberapa contoh olahraga kekuatan meliputi, angkat beban, push up, sit up dan squat.

Jogging di tempat

Gerakan jogging di tempat merupakan cara mudah untuk meningkatkan detak jantung. Gerakan ini juga cocok menjadi pemanasan awal sebelum memulai gerakan yang lebih berat.

Jika jogging di tempat terasa membosankan, Anda bisa melakukan variasi gerakan dengan mengangkat lutut ke arah dada, menaikkan tumit ke arah bokong, atau memutar lengan.

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Sederet Manfaat Jambu Mede untuk Kesehatan Tubuh

Jumping jacks

Gerakan yang satu ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Anda cukup melompat sambil membuka kaki kira-kira selebar bahu dan mengatupkan kedua tangan di atas kepala.

Anda juga bisa melakukan variasi dengan memulai gerakan ini dari posisi setengah jongkok atau squat.

Fleksibilitas

Olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan jantung terakhir adalah fleksibilitas. Hal yang menarik dari olahraga ini adalah Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja.

Baik itu pemanasan sebelum berolahraga, mengikuti kelas yoga, atau hanya melakukan peregangan di rumah. Meningkatkan fleksibilitas merupakan hal yang baik, terutama bila Anda ingin fokus pada olahraga yang menyasar kesehatan jantung. 

Jika Anda baru mulai berolahraga atau sudah lama tidak melakukan olahraga rutin, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum memulainya, terlebih jika Anda menderita diabetes, hipertensi, penyakit jantung, paru-paru, dan radang sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News