Bugar

Waspadai Bau Mulut, Bisa Jadi Anda Mengalami Salah Satu dari 5 Penyakit Ini

Waspadai Bau Mulut, Bisa Jadi Anda Mengalami Salah Satu dari 5 Penyakit Ini

MOMSMONEY.ID - Bau mulut menjadi masalah yang sering terjadi. Seseorang baru sadar bahwa mulutnya mengeluarkan aroma tak sedap saat orang lain melakukan protes karenanya.

Adanya bau mulut menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik. Ada banyak hal yang bisa memicu atau memperparah bau mulut tak sedap.

Dilansir dari Everyday Health, berikut ini adalah beberapa hal-hal umum yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut dan menjadi salah satu gejala dari penyakit tertentu, antara lain: 

Baca Juga: Perlu Diketahui, Ini 5 Obat Herbal untuk Mengobati Batu Ginjal

Penyakit gusi

Jika napas berbau logam, Anda mungkin memiliki bakteri yang tumbuh di bawah garis gusi. Hal ini dapat menyebabkan peradangan, atau bahkan infeksi.

Dokter gigi menyebutnya keadaan ini sebagai periodontitis. Risiko keluhan ini bisa meningkat berlipat ganda jika Anda memiliki kebiasaan merokok atau malas gosok gigi.

Diabetes mellitus

Napas berbau buah-buahan dapat menjadi tanda bahwa tubuh Anda menggunakan lemak untuk “bahan bakar”, bukan gula (glukosa). Itu mungkin berarti Anda mengalami diabetes mellitus akibat fungsi insulin yang terganggu.

GERD

Gastro-esophageal Reflux Disease atau GERD menyebabkan asam lambung mengalir dengan cara yang salah; kembali ke ruang yang menghubungkan tenggorok dengan perut (esophagus).

Keadaan ini bisa menyebabkan napas berbau asam, dan memunculkan sedikit aroma makanan atau cairan yang baru saja Anda makan.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Sederet Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Gagal ginjal

Bau mulut bisa saja jadi gejala dari penyakit gagal ginjal. Anda mungkin memiliki bau napas yang amis jika ginjal tidak dapat membuang “sampah” seperti seharusnya.

Hal ini paling sering terjadi pada tahap terakhir kondisi gagal ginjal, yang dikenal sebagai penyakit ginjal stadium akhir.

Alergi

Alergi juga dapat menimbulkan bau mulut. Seringkali ketika memiliki alergi, Anda akan mengalami mulut kering. Tak hanya itu, tanda alergi lainnya seperti hidung tersumbat pun dapat memengaruhi kondisi mulut Anda. 

Seluruh kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap halitosis karena air liur gagal membersihkan mulut. Sebagai akibatnya, timbullah bau mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News