Bugar

Luar Biasa, Ini Sederet Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Luar Biasa, Ini Sederet Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.  

Saat ini banyak yang mengonsumsi daging buah dan daun dari buah bit, karena memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta manfaat yang baik untuk kesehatan.   

Buah bit sebenarnya bukanlah buah, melainkan umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah layaknya singkong dan ubi. Namun, karena bentuk dan warnanya, bit sering disangka buah-buahan. 

Buah bit memiliki berbagai manfaat, misalnya sebagai pewarna makanan alami dan pemanis campuran dalam makanan maupun minuman.

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Inilah Sederet Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Namun, tak hanya itu, buah bit ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, dilansir dari Mayo Clinic antara lain:

Menurunkan tekanan darah 

Buah bit kaya akan kandungan nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini berperan dalam menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah. 

Bahkan, ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa jus buah bit mampu mengurangi tekanan darah. Manfaat ini diduga berasal dari pigmen merah betalain dan antioksidan di dalam bit.  

Menjaga kesehatan mata

Buah bit ternyata juga bisa mendatangkan manfaat untuk mata. Ini karena kandungan lutein atau zeaxanthin akan menjaga kesehatan makula dan retina pada mata. 

Buah bit juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga tingkat kelembapan serta mencerahkan penglihatan. 

Nah, untuk mereka yang memiliki risiko katarak, konsumsi buah bit juga disarankan karena kandungan beta karoten di dalam buah bit yang merupakan salah satu bentuk vitamin A. 

Mengatasi peradangan dalam tubuh

Peradangan merupakan respon alami tubuh untuk melawan benda asing. Peradangan yang berlangsung lama atau kronis bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan jaringan tubuh. 

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi buah bit secara rutin. Berbagai nutrisi di dalam buah bit diketahui dapat mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk otak.

Tak hanya itu, bit juga baik untuk mencegah berkembangnya gejala pikun. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bit baik dikonsumsi untuk lansia. 

Mengatasi inflamasi dalam tubuh

Peradangan atau inflamasi yang kronis dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker. 

Nah, buah bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang berpotensi memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi. 

Manfaat buah bit bagi kesehatan sangatlah beragam. Namun, berbagai manfaat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

Selain itu, meski buah bit memiliki segudang manfaat, terlalu banyak mengonsumsi buah bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan mengganggu fungsi ginjal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News