Bugar

Perlu Diketahui, Ini 5 Obat Herbal untuk Mengobati Batu Ginjal

Perlu Diketahui, Ini 5 Obat Herbal untuk Mengobati Batu Ginjal

MOMSMONEY.ID - Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang menyebabkan terbentuknya zat dari urine si pengidap yang berbentuk seperti batu.

Penyakit batu ginjal ini biasanya berukuran kecil. Sementara ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Selain pengobatan medis, ada pula obat herbal untuk mengobati batu ginjal yang diduga dapat meluruhkan dan mengobati penyakit ini.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa obat herbal untuk mengobati batu ginjal yang umum digunakan, di antaranya:

Buah delima

Obat herbal untuk mengobati batu ginjal yang pertama adalah buah delima. Buah delima kaya akan antioksidan dan polifenol yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Delima sebagai obat herbal batu ginjal diketahui dapat membuang mineral dan garam berlebih dari urine serta mencegah pengendapan kalsium, urea, dan asam urat di dalam ginjal.

Mentimun

Untuk mengatasi batu ginjal, Anda perlu mengonsumsi air lebih banyak setiap harinya. Salah satu tanaman yang mengandung banyak air adalah mentimun.

Selain mengandung banyak air, mentimun juga rendah oksalat sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Lemon

Perasan air lemon selain juga diketahui bermanfaat sebagai obat herbal batu ginjal. Air lemon mengandung sitrat yang dapat mengikat kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Selain itu, kandungan sitrat juga dapat memecah batu ginjal menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Faktor Penyebab Nyeri Punggung yang Perlu Anda Ketahui

Tumbuhan kumis kucing

Tanaman kumis kucing atau misai kucing banyak digunakan di beberapa negara untuk mengobati nyeri perut, asam urat, dan diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa daun kumis kucing memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang.

Meniran hijau atau dukung anak

Senyawa yang terkandung di dalam tanaman meniran hijau bisa mencegah pembentukan batu endapan, menghambat pertumbuhannya, dan menjaga agar kristal tetap terurai di urine.

Oleh karena itu, meniran hijau banyak digunakan sebagai obat herbal batu ginjal.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi obat herbal batu ginjal. Daripada mengobati, yuk, cegah batu ginjal dengan minum banyak air putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News