HOME, Keluarga

Waspadai 5 Barang Rumah Tangga Ini yang Dapat Meracuni Burung Peliharaan

Waspadai 5 Barang Rumah Tangga Ini yang Dapat Meracuni Burung Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Tak ada salahnya untuk memberikan kebebasan untuk burung peliharaan agar mereka bisa bebas bermain di dalam rumah. Misalnya, burung kakak tua atau burung beo lainnya. Namun, kebebasan mereka ini harus selalu diawasi karena kondisi di dalam rumah tak selalu aman untuk burung.

Ada beberapa hal yang dapat mengancam keselamatan burung di dalam rumah dan tanpa sengaja dapat membunuh burung, terutama dari barang-barang rumah tangga. Oleh karena itu, pemilik harus berhati-hati.

Dilansir dari Birds Coo, berikut 5 barang rumah tangga yang dapat meracuni burung.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Beri 6 Makanan Ini yang Beracun untuk Burung Peliharaan

Makanan yang Bukan untuk Burung

Ada beberapa makanan manusia yang berefek racun untuk burung. Namun, burung tentu saja tidak dapat mengenalinya dan mencicipi apa pun saat mampir di meja Anda. Jenis makanan ini dapat berupa cokelat, alpukat, garam, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk tidak memberi mereka makanan manusia dari apa yang Anda makan. Burung yang mengenalinya, mungkin akan mencicipi makanan lain dari milik Anda.

Produk Pemutih, Amonia, dan Lainnya

Segala produk pembersih rumah tangga merupakan zat beracun bagi burung. Pestisida atau insektisida juga termasuk di antara bahan yang dapat meracuni burung. Burung dapat teracuni saat menghirup atau menelan zat-zat tersebut.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh menggunakan bahan kimia ini di sekitar mereka. Beberapa racun lainnya dapat berupa penghapus cat kuku, lem, lilin pewangi, pembersih pakaian, pembersih lantai, dan sebagainya.    

Peralatan Antilengket

Lapisan antilengket yang terdapat di barang rumah tangga dapat membunuh burung. Lapisan ini dapat ditemukan di teflon, setrika, peralatan masak antilengket lainnya, mesin roti, pencatok rambut, pembersih otomatis, pengering rambut, dan sebagainya.

Racun ini datang ketika barang-barang tersebut dipanaskan dan mengeluarkan asap ketika terlalu panas. Asap ini beracun bagi burung dan dapat membunuhnya dalam beberapa menit.

Berhati-hatilah bila menggunakan peralatan ini di dalam rumah. Pastikan bahwa ventilasi rumah terbuka dan gunakan kipas angin.

Baca Juga: 5 Penyebab Burung Peliharaan Mencabuti Bulunya Sendiri

Bahan Plastik

Burung sangat usil, sehingga mereka kadang suka memetik sesuatu dengan paruhnya. Bila mereka mengambil barang berbahan plastik, ini dapat berbahaya untuk mereka.

Patahan plastik yang tertelan dapat menyebabkan penyumbatan pencernaan atau tersedak. Bila burung sedang usil dengan barang-barang plastik, pastikan Anda mencegahnya dan selalu mengawasi burung yang berada di luar kandang.

Kabel Listrik

Selain plastik, hal yang dapat menyebabkan situasi fatal adalah kabel listrik. Terutama kabel listrik yang masih tercolok di dalam stopkontak. Ini dapat menyebabkan burung tersetrum dan luka bakar akibatnya sangat mematikan.

Hanya ada sedikit kemungkinan burung untuk pulih. Anda sebaiknya tidak membiarkan burung berjalan-jalan di sekitar kabel listrik, terutama stopkontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News