CLOSE [X]
ads

Hati-Hati, Jangan Beri 6 Makanan Ini yang Beracun untuk Burung Peliharaan

Sumber: The Spruce Pets
Rabu, 25 Mei 2022 | 15:06 WIB
Hati-Hati, Jangan Beri 6 Makanan Ini yang Beracun untuk Burung Peliharaan

ILUSTRASI. Hati-Hati, Jangan Beri 6 Makanan Ini yang Beracun untuk Burung Peliharaan


MOMSMONEY.ID - Menentukan makanan untuk burung peliharaan terkadang cukup sulit dilakukan. Sebab, burung dapat memakan berbagai jenis makanan.

Selain makanan utamanya, pemilik burung peliharaan biasanya juga menambahkan nutrisi tambahan dari makanan pendamping yang sekaligus memberi hiburan untuk burung peliharaan.

Makanan pendamping atau cemilan ini dapat berupa makanan segar yang biasa dikonsumsi manusia juga.

Kendati demikian, Anda harus berhati-hati karena beberapa di antaranya beracun untuk burung. Untuk mencegah keracunan ini, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang beracun untuknya. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut 6 makanan yang beracun untuk burung.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Luka Kucing Mengalami Infeksi

Cokelat

Cokelat memang lezat, tetapi ini bisa berbahaya dan fatal bagi burung yang memakannya. Keracunan cokelat dapat memengaruhi sistem pencernaan burung, menyebabkan muntah dan diare. Seiring berjalannya kondisi yang memburuk, sistem saraf pusat burung akan ikut terpengaruh, menyebabkan kejang, dan akhirnya kematian.

Biji Apel

Buah-buahan seperti apel, ceri, persik, apricot, dan pir memang aman untuk dikonsumsi burung. Namun, bijinya mengandung sejumlah kecil sianida.

Oleh karena itu, penting untuk mengupas buah terlebih dahulu dan membuang bijinya sebelum menyajikannya untuk burung peliharaan. Dengan begitu, paparan racun dapat dihindarkan.

Jamur

Jamur telah diketahui menyebabkan gangguan pencernaan pada burung bila dikonsumsi. Beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan gagal hati pada hewan.

Jadi, jangan biarkan hewan Anda mengonsumsinya baik jamur mentah atau dimasak.

Baca Juga: Ini Anjing Kintamani, Ras Anjing Asal Pulau Bali di Indonesia

Bawang

Kebanyakan hewan tidak boleh mengonsumsi bawang, termasuk burung. Burung mungkin menoleransi sedikit dari jumlah bawang, tetapi berlebihan membuatnya muntah, diare, dan maalah pencernaan lainnya.

Kondisi paling parah dapat menyebabkan kondisi darah yang disebut anemia hemolitik, yang diikuti dengan gangguan pernapasan dan akhirnya kematian.

Kacang Mentah

Kacang yang telah matang merupakan makanan favorit sebagian besar burung dan merupakan suplemen sehat untuk makanannya. Namun, campuran kacang mentah dan kering adalah makanan yang beracun bagi burung.

Kacang mentah mengandung racun yang disebut hemaglutinin. Ini adalah istilah dalam biolgi yang digunakan untuk merujuk semua zat yang menyebabkan sel darah merah menggumpal.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari menu ini untuk cemilan burung peliharaan.

Bagian Lain Selain Buah Tanaman Nightshade

Nightshade merupakan golongan keluarga tanaman dengan bunga yang bisa dimakan, yakni Solonaceae.

Kebanyakan tanaman ini tidak bisa dimakan, tetapi digunakan sebagai narkotika, zat halusinogen, bahan rokok, hingga menimbulkan efek racun.

Namun, ada beberapa golongan sayuran nightshade yang dapat dimakan, seperti tomat, kentang, paprika, cabai, dan terong.

Bagian buahnya mungkin aman dikonsumsi burung. Akan tetapi, batang, tanaman merambat, dan daunnya, sangat beracun bagi burung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER