Bugar

Waspada! Sering Overthinking Bisa Sebabkan 5 Gangguan Kesehatan Ini

Waspada! Sering Overthinking Bisa Sebabkan 5 Gangguan Kesehatan Ini

MOMSMONEY.ID - Overthinking adalah istilah yang sering ditujukan pada orang-orang yang terlalu banyak berpikir. Namun, jangan menyamakannya dengan pemikir.

Orang yang overthinking sering kali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Penyebab overthinking tidak diketahui secara pasti.

Kendati demikian, perilaku banyak dialami oleh orang-orang yang mengidap masalah psikis, seperti gangguan kecemasan atau depresi.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Dilansir dari Mental Health, berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat overthinking antara lain: 

Gangguan pencernaan 

Gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat overthinking pertama adalah gangguan pencernaan. Tingginya kadar hormon stres dalam tubuh dapat memengaruhi sistem pencernaan.

Jika stres yang terjadi berlebihan dan berlarut-larut, risiko berbagai gangguan pencernaan pun akan meningkat, seperti radang usus, sindrom iritasi usus, sekresi lambung, dan perubahan motilitas gastrointestinal. 

Gangguan jantung

Ketika Anda overthinking, selain hormon kortisol, hormon adrenalin juga mengalami peningkatan, sehingga meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

Selain itu, stres akibat overthinking jua dapat berpotensi menimbulkan perilaku yang meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti merokok, makan berlebihan, mengonsumsi alkohol, dan gaya hidup pasif. 

Baca Juga: Viral! Ibu Hamil Mengonsumsi Obat Pemutih, Kenali Bahayanya untuk Janin

Melemahkan kekebalan tubuh 

Kadar hormon kortisol yang tinggi dalam tubuh juga dapat melemahkan kekebalan tubuh. Akibatnya, Anda mungkin jadi lebih mudah jatuh sakit dan mengalami peradangan dalam tubuh.

Terlebih, overthinking juga bisa menurunkan kadar sel darah putih yang bisa membantu melawan infeksi.

Gangguan fungsi otak

Gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat overthinking adalah gangguan fungsi otak. Fungsi otak dapat terganggu jika Anda terlalu sering overthinking.

Hal ini karena hormon kortisol yang dihasilkan saat stres, dapat merusak sel-sel otak di hipokampus, yaitu bagian dari otak besar yang berperan dalam fungsi memori dan navigasi ruangan. 

Bila Anda merasa kesulitan untuk meredam kebiasaan terlalu banyak berpikir, ceritakan kekhawatiran Anda kepada orang yang terdekat dan terpercaya.

Jangan ragu untuk pergi konsultasi ke psikolog jika overthinking sudah mulai mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News