Bugar

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

MOMSMONEY.ID - Semua orang pasti ingin memiliki gigi sehat dan kuat yang baik bagi kesehatan dan juga untuk menunjang penampilan.

Untuk mendapat gigi sehat, perlu dilakukan beberapa perawatan dari luar seperti rajin menggosok gigi atau berkumur dengan cairan penyegar mulut.

Namun hal itu saja tidaklah cukup. Anda perlu juga melakukan perawatan gigi dari dalam tubuh yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi makanan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang bisa Anda konsumsi termasuk apel, jeruk, seledri, wortel dan sayuran hijau.

Baca Juga: Hindari Mulai Sekarang! Ini Penyebab Gigi Kuning yang Sering Dialami Banyak Orang

Selain itu, seperti dilansir dari Mayo Clinic berikut ini, ada beberapa makanan sehat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut, antara lain: 

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut pertama adalah kacang-kacangan dan biji-bijian yang emngandung kalsium. Kalsium diperlukan untuk menguatkan tulang dan gigi.

Kacang dan biji-bijian memiliki kandungan sumber protein nabati dan mengandung mikronutrien yang diperlukan gigi seperti fosfor, magnesium, kalium, seng, dan juga kalsium.

Wortel

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut kedua adalah worterl. Vitamin A dan antioksidan dalam wortel meningkatkan produksi air liur.

Ini dapat menurunkan risiko gigi berlubang karena air liur membantu membilas asam yang menempel di gigi. Wortel juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kesehatan gusi.

Kandungannya lebih banyak didapatkan jika Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Sayuran hijau

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut  selanjutnya adalah sayuran hijau. Bayam, brokoli, dan pakcoy mengandung tinggi kalsium yang bisa membentuk enamel gigi.

Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan gigi. Sayuran hijau juga mengandung tinggi asam folat dan vitamin B.

Kandungan keduanya efektif dalam membantu mengatasi peradangan dan penyakit pada gusi seperti sariawan, radang gusi, dan abses gusi.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ini 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Gigi

Teh

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut keempat adalah teh. Teh hijau dipercaya memiliki kandungan zat senyawa kompleks yang disebut dengan catechin dan polyphenol.

Zat ini berguna melawan peradangan dan menghindarkan Anda dari infeksi bakteri. Selain itu, teh hijau sangat direkomendasikan oleh dokter gigi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Namun perlu diingat jangan terlalu banyak mengonsumsi teh, karena teh juga salah satu minuman yang bisa membuat warna gigi berubah kekuningan.

Produk susu

Pada produk susu seperti keju atau susu terdapat kandungan kalsium dan fosfat yang bisa membantu menjaga pH dalam mulut.

Selain itu, kalsium yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat gigi lebih kuat. Mengonsumsi produk susu setiap hari bisa membantu Anda memiliki gigi sehat.

Untuk menanyakan tentang kesehatan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi lainnya, Anda bisa mendiskusikannya pada dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News