HOME, Bugar

Waspada! Omicron Sudah Ada di Indonesia, Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya

Waspada! Omicron Sudah Ada di Indonesia, Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Gejala varian virus corona Omicron sedikit berbeda dengan varian Delta, termasuk sakit dan nyeri, tetapi tak ada kehilangan rasa atau penciuman.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan belum ada bukti bahwa gejala Omicron berbeda dengan varian lainnya. Gejala yang umum dialami orang yang terinfeksi virus corona seperti demam dan kehilangan rasa atau penciuman masih merupakan tiga gejala utama yang harus diwaspadai.

Hingga kini peneliti dari Afrika Selatan masih terus melakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik dari varian terbaru COVID-19. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan yang lebih masif pada masyarakat.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Pemerintah Himbau Tunda Perjalanan ke Luar Negeri

Menurut National Institutes of Health, varian Omicron sangat menular di Afrika Selatan, tetapi hal ini belum terjadi serupa di negara lainnya. Corona varian Omicron di Afrika Selatan sangat menyebar dengan cepat. 

Saat ini, Menteri Kesehatan Indonesia telah mengumumkan  temuan kasus pertama COVID-19 varian omicron di Indonesia pada Kamis (16/12).

Selain temuan kasus konfirmasi varian Omicron, Kementerian Kesehatan juga mengidentifikasi adanya 5 kasus probable Omicron. Kelimanya telah dikarantina dan sudah dilakukan pemeriksaan khusus yang sudah dikirimkan Balitbangkes.

Hasilnya akan diketahui 3 hari mendatang untuk melihat apakah sampel tersebut positif omicron atau bukan. Terkait dengan temuan ini, Menkes Budi mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panik dan tetap tenang.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Penerapan Prokes Semua Moda Transportasi Terus Diawasi

Yang terpenting segera melakukan vaksinasi COVID-19 terutama untuk kelompok rentan dan lansia serta tidak perlu bepergian ke luar negeri jika tidak mendesak, serta terus tegakkan protokol kesehatan 5M, dan memperkuat 3T.

Hingga saat ini vaksinasi COVID-19 masih dinilai menjadi pencegahan yang cukup efektif untuk menghindari berbagai jenis varian COVID-19.  

Vaksin yang telah berjalan mampu memberikan perlindungan terhadap varian Omicron. Apalagi jika kamu telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap dan melakukan vaksinasi booster. 

Jangan lupa untuk selalu melakukan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjauhi kerumunan, dan tetap berada di rumah saat mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan dengan gejala COVID-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News