HOME

Omicron Masuk Indonesia, Penerapan Prokes Semua Moda Transportasi Terus Diawasi

Omicron Masuk Indonesia, Penerapan Prokes Semua Moda Transportasi Terus Diawasi

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Varian baru Covid-19, omicron, sudah terdeteksi masuk ke Indonesia. Karena itu, Kementerian Perhubungan pun akan terus mengawasi penerapan protokol kesehatan di seluruh moda transportasi.

"Sehubungan dengan telah ditemukannya kasus pertama varian Omicron di Indonesia, Kementerian Perhubungan terus melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan, kepada para pelaku perjalanan di semua moda transportasi, baik domestik maupun internasional," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis.

Dia pun mengatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menginstruksikan para otoritas dan operator transportasi di seluruh moda untuk memastikan penerapan prokes dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan prokes ini pun dilakukan di prasarana transportasi, seperti di terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara juga sarana transportsi yakni bus, kereta api, kapal dan pesawat.

Baca Juga: Apa Itu Rape Culture? Berikut Penjelasan dan Cara Pencegahannya

Adapun, ketentuan syarat perjalanan di semua moda transportasi, baik di dalam negeri maupun di internasional di masa pandemi, Kemenhub merujuk pada Instruksi Dalam Negeri maupun Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19.

Menurut Adita, pihaknya akan selalu menyesuaikan dengan perubahan yang ada, sesuai dengan dinamika perkembangan kondisi dan situasi di lapangan. "Untuk syarat perjalanan internasional, Kemenhub saat ini merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 nomor 25 tahun 2021," kata Adita.

Kemenhub pun akan terus menjaga dan meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Polri dan TNI dalam menjalankan prokes. 

Sebelumnya,  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan Kementerian Kesehatan telah mendeteksi pasien inisial N terkonfirmasi Covid-19 akibat virus corona Omicron. Pasien N positif Covid-19 Omicron pada  tanggal 15 Desember 2021. Pasien N yang positif Covid-19 Omicron adalah pekerja pembersih di RSD Wisma Atlet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News