HOME, Santai

Waspada Klitih Masih Ada, Ini Dia Penjelasan Fenomena Kriminalitas di Yogyakarta

Waspada Klitih Masih Ada, Ini Dia Penjelasan Fenomena Kriminalitas di Yogyakarta

MOMSMONEY.ID - Baru-baru ini kasus kriminalitas kembali ramai dibicarakan, terutama setelah munculnya kasus kriminalitas di Yogya.

Klitih adalah salah satu kriminalitas yang menjadi pembicaraan karena merupakan fenomena sosial yang memicu timbulnya kriminalitas berat.

Dalam pengertian di Wikipedia sendiri, Klitih yang berasal dari bahasa Jawa ini sebenarnya memiliki makna positif yaitu mencari kegitan diluar rumah untuk mengisi waktu luang.

Baca Juga: Jadi Best Boyfriend, Ini Dia Sederet Green Flag Choi Woong di Our Beloved Summer

Namun kemudian makna ini mengalami pergeseran menjadi negatif lantaran kegiatan di luar rumah tersebut dijadikan ajang untuk melakukan kejahatan.

Klitih adalah sebuah fenomena sosial yang secara spesifik terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Fenomena yang terjadi terutama di wilayah Magelang dan Klaten ini umumnya terjadi pada remaja yang berusia 14 hingga 19 tahun.

Klitih sendiri lekat dengan kegiatan bullying dan permusuhan antar geng yang dilakukan oleh sekelompok remaja kepada remaja lain atau geng pesaing.

Baca Juga: Mana yang Ditunggu? Ini Dia Deretan Film yang Tayang Di Bioskop Minggu Ini

Klitih juga kerap dilakukan di daerah yang sepi dan biasanya jarang dilewati oleh orang pada malam hari.

Sehingga aksi perundungan bisa dilakukan. Selain melakukan aksi perundunga, biasanya korban klitih ini juga diambil barang berharganya sehingga termasuk dalam aksi perampokan.

Dengan semakin berkembangnya fenomena klitih ini sendiri, tak hanya siswa saja yang kini melakukan aksi klitih ini.

Kini klitih juga bisa dilakukan oleh preman atau pun geng kejahatan yang menargetkan masayarakt awam sebagai korbannya.

Tak hanya pencurian saja, kadang aksi kekerasan juga bisa dilakukan hingga membuat beberapa korbannya sampai merenggut nyawa.

Hingga hari ini, fenomena klitih ini sendiri masih sering terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga keamanan kota Yogya juga terasa terancam dan membuat banyak orang meminta agar aksi klitih ini segera ditindak lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News