HOME, Bugar

Waspada! Ini Bahaya Sleep Anxiety untuk Kesehatan Tubuh

 Waspada! Ini Bahaya Sleep Anxiety untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Gangguan kecemasan tidur atau sleep anxiety adalah ketakutan atau kekhawatiran akan tidur. Sleep anxiety yang berkepanjangan atau dibiarkan tanpa penanganan, dapat memengaruhi tubuh dalam banyak hal.

Pengidap sleep anxiety seringkali berpikir sesuatu yang buruk akan terjadi pada saat mereka tidur. Atau mereka merasa tidak boleh tidur karena mereka harus tetap waspada dan terjaga. 

Hal tersebut dikarenakan mereka merasa takut tidak mendapatkan istirahat yang dibutuhkan. Satu kondisi biasanya juga memperburuk kondisi lainnya, sehingga bisa terasa seperti siklus yang tidak pernah berakhir. 

Kombinasi kecemasan dan insomnia juga dapat disebabkan oleh kondisi saat hormon tiroid dalam aliran darah dan metabolisme tubuh melambat (hipotiroidisme).

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Akan Berpuasa

Penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dapat memengaruhi tidur rapid eye movement (REM). Ini adalah fase tidur ketika seseorang cenderung memiliki mimpi yang jelas.

Jika seseorang memiliki kecemasan, mimpi yang ia rasakan mungkin mengganggu atau berubah menjadi mimpi buruk yang membuatnya bangun dari tidur. 

Dilansir dari Sleep Education, adapun gejala sleep anxiety yaitu berupa perubahan perilaku, termasuk:

1. Perasaan terbebani

2. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi

3. Sifat lekas marah

4. Gugup

5. Kegelisahan

6. Rasa bahaya atau malapetaka akan datang

7. Masalah pencernaan

8. Detak jantung cepat

9. Pernafasan cepat

10. Berkeringat

11. Otot-otot tegang

12. Gemetaran

Baca Juga: 3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa orang juga mengalami serangan panik di malam hari. Serangan panik adalah ledakan ketakutan ekstrem yang terjadi tiba-tiba dan intens. 

Itulah sebaiknya gangguan tidur jangan disepelekan dan dibiarkan tanpa penanganan.

Jika mengalami gangguan tidur, Anda direkomendasikan untuk segera mengunjungi dokter untuk mengobati kecemasan atau gangguan kesehatan yang menjadi faktor sleep apnea. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News