HOME, Bugar

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Akan Berpuasa

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Saat Akan Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Puasa selama bulan Ramadan tak hanya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, tetapi juga memiliki sisi positif pada kesehatan dan membersihkan tubuh dari racun berbahaya.

Oleh karena itu, puasa perlu diimbangi dengan makanan bergizi baik ketika Anda berbuka puasa maupun sahur.

Sayangnya, masih banyak orang yang abai tentang hal ini dan makan sembarangan hanya untuk memenuhi rasa lapar serta dahaga selama berpuasa.

Hal itu akan menimbulkan masalah kesehatan yang salah satunya adalah pemenuhan nutrisi tidak seimbang.

Untuk membantu Anda mencegah hal buruk pada kesehatan selama berpuasa, berikut ini adalah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat akan berpuasa.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menjaga Kerapian Rumah Saat Ramadan, Yuk Coba!

Makanan Asin

Keripik kentang

Makanan asin yang berlebihan sebaiknya dihindari saat akan berpuasa, yakni saat sahur.

Dilansir dari The National News, ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh Anda membuat Anda sangat haus saat berpuasa. Ini karena garam memiliki sifat mengikat air, sehingga tubuh menjadi mudah mengalami dehidrasi.

Jadi, cobalah untuk menghindari makanan asin saat berpuasa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Makanan yang Terlalu Manis

Dessert Box Tiramisu

Makanan manis sebenarnya baik untuk meningkatkan energi saat berbuka puasa, tetapi ini tidak memberi banyak nilai gizi yang baik. Hanya tinggi kalori.

Makanan manis seperti donat, cokelat, kue kering, dan permen dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan bila dikonsumsi setiap hari.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan manis, buah kurma dan buah-buahan lain bisa menjadi solusi yang baik.

Makanan Gorengan

Gorengan

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa orang Indonesia menyukai menu iftar gorengan. Namun sayangnya, ini tidak memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh karena sarat dengan lemak dan tersimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Mengonsumsi makanan berlemak setelah berjam-jam puasa dapat menyebabkan keasaman dan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Kenali 5 Manfaat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Minuman Berkafein (Kopi, Teh, dan Minuman Energi)

Teh dan kopi

Minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Ini termasuk kopi, teh, dan minuman berenergi lainnya.

Minuman ini tidak dianjurkan saat sahur karena tidak cukup untuk menghidrasi tubuh dan dapat menyebabkan kehausan saat berpuasa. Efek insomnia juga berdampak buruk bagi kesehatan lainnya, karena pada dasarnya tubuh membutuhkan tidur yang cukup saat berpuasa.

Minuman Berkarbonasi

Minum soda

Selain minuman berkafein, hindari juga untuk meminum minuman karbonasi atau bersoda. Meski rasanya menyegarkan, minuman ini biasanya tinggi gula yang dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan, menyebabkan gangguan pencernaan, dan menyebabkan kembung. Anda dapat menggantinya dengan minuman jus atau sari buah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News