3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 04 April 2022 | 05:09 WIB
3 Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

ILUSTRASI. Olahraga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur


MOMSMONEY.ID - Hubungan antara olahraga dan kualitas tidur telah dipelajari secara ekstensif. Penelitian saat ini sangat menemukan olahraga dan tidur berbagi hubungan dua arah.

Olahraga ringan di siang hari dapat membantu orang tidur lebih baik, sementara tidak cukup tidur dapat menyebabkan tingkat aktivitas fisik harian yang lebih rendah.

Ada banyak alasan kenapa Anda perlu menjaga kualitas tidur, seperti dilansir dari National Health Service.

Pertama, cukup tidurakan membuat sistem imunitas jadi lebih kuat sehingga membuat Anda tidak gampang sakit dan juga tubuh terasa lebih bugar.

Kedua, tidur tercukupi juga menjaga suasana hati tetap baik, sehingga menjauhkan Anda dari stres dan penyakit mental.

Ketiga melakukan olahraga untuk membantu meningkatkan kualitas tidur lebih baik dan juga menjaga kesehatn tubuh lainnya. 

Baca Juga: Lakukan dengan Rutin! Inilah Sederet Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Dilansir dari Women Health, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk meningkatkan kualitas tidur yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Latihan ketahanan 

Olahraga untuk meningkatkan kualitas tidur yang pertama adalah melakukan latihan ketahanan, juga dikenal latihan kekuatan, berfokus pada membangun kekuatan otot di seluruh tubuh.

Pakar kesehatan merekomendasikan campuran latihan aerobik dan resistensi ini untuk meningkatkan berbagai aspek kesehatan fisiologis.

Contoh latihan resistensi meliputi angkat beban, erolahraga menggunakan resistance band, dan push-up, sit-up, serta latihan resistensi lainnya.

2. Latihan aerobik

Olahraga untuk meningkatkan kualitas tidur yang kedua adalah latihan aerobik. Latihan aerobik atau kardio akan mendorong pernapasan lebih cepat dan detak jantung lebih cepat.

Jenis olahraga ini dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Ampuh Menjaga Gula Darah Tetap Normal Saat Bulan Puasa

3. Yoga

Olahraga untuk meningkatkan kualitas tidur yang ketiga adalah yoga. Yoga adalah jenis latihan resistensi khusus yang berfokus pada perbaikan postur, latihan pernapasan, dan meditasi.

Yoga telah terbukti mengurangi stres, membantu orang menurunkan berat badan, dan mengurangi rasa sakit di leher dan punggung bawah.

Berlatih yoga juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Sementara hubungan antara yoga dan tidur yang lebih baik belum dievaluasi secara ekstensif dalam hal populasi secara keseluruhan. 

Itulah beberapa jenis olahraga untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun jika insomnia yang Anda alami tak membaik, sebaiknya diskusikan dengan dokter 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER