HOME, Bugar

Waspada! Ini 5 Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri

Waspada! Ini 5 Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri

MOMSMONEY.ID - Tulang rusuk adalah bagian tubuh yang penting bagi manusia karena berfungsi melindungi berbagai organ di sekitar dada. Namun, jika tulang rusuk sakit, masalah ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. 

Kondisi tersebut biasanya akan hilang dengan perawatan sederhana. Akan tetapi, sebagian lainnya berpotensi menandakan masalah yang serius sehingga harus ditangani secara medis.

Berikut beberapa penyebab tulang rusuk sakit yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kenali Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

1. Ketegangan otot dada

Terdapat otot kecil di setiap tulang rusuk yang bisa menjadi tegang atau tertarik. Ketegangan otot dada dapat menyebabkan tulang rusuk sakit dan nyeri. Kondisi ini umumnya dipicu oleh mengangkat beban berat atau batuk yang hebat. 

2. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian pada pria dan wanita. Salah satu gejala kanker paru-paru, yaitu sakit tulang rusuk yang semakin memburuk ketika bernapas dalam-dalam, batuk, atau tertawa. 

Tak hanya itu, terdapat pula gejala lain, seperti mengi, sesak napas, dan batuk berdahak atau berdarah. Kanker paru yang berasal dari area tubuh lain juga dapat menyebabkan sakit pada tulang rusuk atau dada.

3. Cedera

Cedera pada dada akibat jatuh, kecelakaan, atau olahraga adalah penyebab paling umum dari tulang rusuk sakit. Cedera dada bisa berbentuk ringan ataupun berat.

Pada kasus yang berat, cedera ini dapat menyebabkan patahnya tulang rusuk, retak, atau memar. 

4. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang menyebabkan Anda merasakan nyeri di seluruh tubuh, termasuk di tulang rusuk. Penyakit ini memengaruhi 2-4 persen manusia di dunia.

Rasa sakit yang dirasakan biasanya seperti berdenyut, menusuk, atau terbakar. 

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit Syaraf di Usia Muda yang Perlu Diketahui

5. Pleuritis

Pleuritis adalah peradangan yang memengaruhi selaput tipis pleura. Lapisan ini menjaga paru-paru agar tidak bergesekan dengan dinding rongga dada ketika bernapas.

Dalam keadaan normal, pada selaput pleura terdapat cairan yang dapat membantu mengurangi gesekan. Namun, saat mengalami peradangan, cairan ini menjadi lengket dan menyebabkan keduanya bergesekan sehingga menimbulkan rasa sakit.

Perhatikanlah apa yang baru terjadi dengan Anda. Siapa tahu, penyebab tulang rusuk nyeri yang Anda alami tidak separah yang Anda kira.

Apabila nyeri sangat hebat dan tidak hilang dengan istirahat, segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. 

Selanjutnya: Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Pegal Linu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News