HOME, Bugar

Kenali Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Kenali Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

MOMSMONEY.ID - Golongan darah dapat menunjukkan banyak hal tentang seseorang. Salah satunya adalah kepribadian atau karakter berdasarkan golongan darahnya. 

Namun, siapa sangka kalau golongan darah juga dapat menunjukkan risiko kesehatan yang mengintai seseorang. Jadi, baik itu tipe darah A, B, AB, atau O bisa saja lebih rentan atau justru kebal terhadap masalah kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, atau penyakit lainnya.

Hal ini berdasarkan beberapa penelitian baru yang menemukan hubungan sejumlah penyakit dengan tipe darah tertentu.

Meskipun masih dibutuhkan penelitian lanjutan, mengetahui potensi risiko sejak dini akan sangat membantu Anda mencegah terkena berbagai macam penyakit nantinya.

Berikut ini beberapa risiko penyakit berdasarkan tipe darah yang bisa Anda ketahui, antar lain.

Baca Juga: Waspadai dan Kenali Penyebab Diare Berkepanjangan pada Lansia

1. Risiko Penyakit Golongan Darah O

Mengutip hasil penelitian dari laman Harvard School of Public Health, orang dengan darah A, B, dan AB, secara epidemiologis lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner, apabila dibandingkan dengan golongan darah O.

Namun, di sisi lain, orang dengan golongan darah O secara epidemiologis lebih berisiko mengalami tukak lambung. 

Tak hanya itu, wanita dengan golongan darah O juga diyakini memiliki jumlah sel telur sehat lebih rendah, dibandingkan dengan golongan darah lain. 

2. Risiko Penyakit Golongan Darah AB

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Academy of Neurology pada 2014, orang dengan golongan darah AB secara epidemiologis memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan gangguan kognitif.

Bahkan, para peneliti menyebut persentase risiko 82 persen, dibandingkan golongan darah lain. 

Selain itu, orang dengan golongan darah AB juga lebih berisiko terkena stroke, dan sama seperti golongan darah A dan B, mereka juga berisiko mengidap kanker pankreas. 

Baca Juga: Obat Sejuta Umat, Kenali Dosis dan Efek Samping Paracetamol

3. Risiko Penyakit Golongan Darah A

Mengutip laman Huffington Post, golongan darah A berisiko lebih tinggi terkena kanker perut. Hal ini diduga karena orang bergolongan darah A sering mengalami infeksi bakteri H. pylori, bakteri penyebab kanker perut. 

Selain itu, orang dengan golongan darah A berisiko mengidap kanker pankreas, diabetes tipe 2 (jika dibandingkan dengan golongan darah O), dan stres.

Orang dengan golongan darah A cenderung memiliki lebih banyak hormon kortisol, yang dihasilkan ketika sedang stres. 

4. Risiko Penyakit Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B secara epidemiologis juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker pankreas dan diabetes tipe 2 (terutama pada golongan darah B positif).

Mereka juga memiliki risiko untuk terkena penggumpalan darah di pembuluh vena dalam, misalnya pada kaki. Meski begitu, risiko untuk terkena kondisi tersebut juga dimiliki oleh orang dengan golongan darah A dan AB. 

Untuk mencegah risiko tersebut, selalu perhatikan asupan makanan Anda. Jangan lupa, imbangi pula dengan hidup sehat secara keseluruhan seperti berhenti merokok, membatasi minum alkohol, serta mengontrol berat badan.

Selanjutnya: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News