HOME, Bugar

5 Gejala Penyakit Syaraf di Usia Muda yang Perlu Diketahui

5 Gejala Penyakit Syaraf di Usia Muda yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Sistem syaraf adalah sistem penghubung yang sangat kompleks yang dapat mengirim dan menerima informasi dalam jumlah besar secara bersamaan.

Sistem ini memiliki dua bagian, yaitu sistem syaraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang), serta sistem syaraf tepi atau perifer (semua elemen syaraf yang menghubungkan sistem syaraf pusat dengan berbagai organ tubuh).

Syaraf bukanlah organ yang bebas penyakit. Banyak faktor yang bisa menimbulkan penyakit atau bahkan kerusakan syaraf. Dirangkum dari Healthline dan Everyday Health, berikut ini gejala yang kerap muncul saat seseorang mengalami permasalahan terkait penyakit syaraf. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja

1. Kaki terasa sangat nyeri

Rusaknya atau masalah pada pada syaraf sensorik bisa menimbulkan gejala rasa nyeri yang hebat secara terus-menerus. Selain itu, bisa pula timbulnya rasa panas atau kesemutan.

Umumnya, keluhan ini terjadi mulai dari punggung bagian bawah dan menyebar sampai ke bagian kaki. Banyak kondisi yang bisa menyebabkan penyakit syaraf sensorik, salah satunya jatuh atau trauma pada sumsum tulang belakang. 

2. Kesulitan bergerak

Selain tiga hal di atas, gejala penyakit syaraf juga bisa ditandai dengan kesulitan bergerak. Bila kerusakan syaraf terjadi pada saraf motorik, maka pengidapnya bisa mengalami kesulitan bergerak atau bahkan kelumpuhan.

Di samping itu, kelumpuhan juga bisa menjadi pertanda adanya masalah serius yang membutuhkan penanganan cepat, misalnya stroke.

3. Berkeringat terlalu banyak

Gejala penyakit syaraf juga bisa ditandai dengan keringat yang terlalu banyak. Bila tubuh mengeluarkan keringat berlebih saat cuaca sedang dingin atau sebaliknya, mengeluarkan keringat yang terlalu sedikit, padahal cuaca sedang panas. Nah, kondisi ini bisa saja menandai  gejala penyakit syaraf otonom.

4. Hilangnya keseimbangan

Hilangnya keseimbangan juga bisa menjadi gejala penyakit syaraf lainnya. Pernah merasa akan terjatuh atau tersandung tiba-tiba tanpa sebab yang jelas? Nah, bisa saja kondisi ini menandai adanya  gangguan syaraf tepi.

Gangguan syaraf ini yang bisa menyebabkan gangguan persepsi, gangguan serebelum, dan gangguan saraf kranial VIII. 

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau, Mulai Menambah Stamina Sampai Menurunkan Kolesterol

5. Kebas atau mati rasa

Kebas, kesemutan, mati rasa, atau rasa terbakar juga bisa menandai gangguan penyakit syaraf. Keluhan yang muncul sesaat dan berlangsung sementara bukan masalah yang perlu dikhawatirkan. 

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami sakit kepala parah yang terjadi secara tiba-tiba, tidak mampu berjalan, tidak dapat bicara, anggota tubuh sering terasa lemas dan lumpuh atau kesemutan, terdapat penurunan kesadaran (koma), penglihatan buram, kebingungan, mual dan muntah.

Selanjutnya: Kenali Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News